Connect with us

METROPOLITAN

Puluhan Mobil Angkutan Umum Jalani Uji KIR di Lebak

Published

on

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan uji KIR atau kelaikan jalan bagi kendaraan roda empat yang berada di Terminal Kecamatan Malingping dan Kecamatan Bayah, Minggu (12/2/2017).

Kabid keselamatan lalu lintas Dishub Lebak, Azis Ali Rosyid mengatakan uji KIR ini dilakukan agar angkutan umum di Kabupaten Lebak bisa terverifikasi dan dinyatakan aman oleh pemerintah daerah sehingga mampu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalulintas akibat kendaraan yang tidak layak jalan.

“Kalau sudah ikut uji KIR kita kasih tanda dan masyarakat umum boleh menggunakan angkutan umum tersebut,” kata Azis.

Menurut Azis, setiap pemilik kendaraan roda empat wajib  mengikuti uji KIR khususnya kendaraan yang dioperasikan sebagai angkutan umum, hal itu sesuai dengan UU no 22 tahun 2009 serta PM 133 tahun 2015 tentang pengujian kendaraan bermotor.

BACA :  Warga Protes Jalan Rusak, DBMSDA Pandeglang: Kami Sangat Respon

“Hampir 40% kendaraan di Kabupaten Lebak ini berdomisili di wilayah selatan, karenanya kita lakukan Uji KIR agar seluruh kendaraan operasional di Kabupaten Lebak bisa layak jalan,” tuturnya.

Kuji KIR hanya berlaku selama enam bulan, Pemilik kendaraan wajib memeriksakan kendaraannya secara berkala, pada prosesnya dishub akan bertindak profesional. 

“Ada yang tidak lulus kita kasih peringatan agar diperbaiki kendaraanya dan kembali mengikuti tes, jika tidak diperbaiki namun memaksakan beroperasi akan kita tindak tegas,” jelas Azis.

Salah satu pemilik kendaraan yakni, Maman Rukhiman (32) mengaku ia sengaja menguji KIR mobil pick up miliknya karena akan dipakai membawa barang-barang hasil bumi dagangannya.

“Kita bawa barang seperti oleh-oleh, pakaian dan barang hasil bumi lainnya untuk dibawa ke Sukabumi.Makanya saya uji KIR biar kendaraan aman digunakan,” paparnya.(Zie)

BACA :  Kuota BPJS KIS Habis, Warga Miskin di Pandeglang Dilarang Sakit?



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler