Kemendes Bangun BUMDes Percontohan di Pandeglang

Date:

Pandeglang – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, pihaknya akan membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) percontohan di empat provinsi di Indonesia. Salah satunya di Banten. BUMDes percontohan di Banten akan dibangun di Kabupaten Pandeglang.

“Kami akan membuat modeling atau percontohan untuk BUMDes di empat provinsi diantaranya Jawa Timur dan Jawa tengah. Untuk Banten kita arahkan ke Kabupaten Pandeglang,” kata Eko saat bertemu Pemkab Pandeglang, Selasa (21/2/2017).

Selain BUMDes, Eko juga siap untuk memfasilitasi Kabupaten Pandeglang agar keluar dari kategori daerah tertinggal.

“Selain di Kemendes, banyak program dari kementerian lain untuk mendukung Kabupaten Pandeglang menjadi kabupaten yang maju. Misalnya, Kementerian PUPR, dan ESDM. Tinggal dibuat lokusnya di mana, nanti kami akan fasilitasi untuk dapat menyampaikan program yang sudah dibuat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan beberapa ajuan program dalam pengentasan desa tertinggal. Menurutnya, program tersebut diharapkan mendapatkan dukungan dari pihak kementerian agar Pandeglang dapat segera lepas dari predikat daerah tertinggal. 

“Kami ucapkan terima kasih, karena banyak sekali program dan bantuan yang sudah diberikan dari Kemendes untuk Kabupaten Pandeglang. Kami juga berharap proyek nasional yang ada di Pandeglang dapat dukungan dari Kemendes agar dapat berjalan dengan baik,” papar Irna. 

Untuk mendukung proyek strategis nasional di Pandeglang, Irna berharap, dihidupkanya BUMDes, khususnya di daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, umumnya di setiap desa yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Banyak sekali pak menteri produk lokal di Pandeglang yang saat ini sudah berjalan, mulai dari kerajinan tangan hingga olahan makanan yang dapat dikemas lebih baik lagi menjadi produk unggulan di Pandeglang. Olahan makanan tersebut diharapkan jadi buah tangan untuk para pengunjung ke lokasi wiasata yang ada di pandeglang, salah satunya melalui BUMDes,” jelasnya.

Hadir pula Asda 3 Setda Olis Solihin, Kepala Diskomsantik Yahya Gunawan Kasbin, Kepala Bappeda Kurnia Satriawan, Kepala Dinas Perumahan, dan Kawasan, Pemukiman, dan Pertanahan Sarif Hidayat, Kadishub Tata Nanjaryadi, Kadis Pertanian Wowon Dirman, Kadis Pemuda dan Olah Raga Moh. Amri, dan Kadis PUPR Aneawi Husnira.

Pertemuan kedua belah pihak ditutup dengan mecicipi makan baso ikan dan nugget ikan hasil olahan dari kelompok pengolahan dan pemasaran binaan Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang yang telah mendapatkan bantuan pembinaan dan peralatan dari Kemendes dan PDTT.(Humas Pemkab Pandeglang)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Menang Besar Musim Lalu di Putaran Dua, Kini Kekalahan Lebih Besar Justru Dialami Persita

Berita Sepakbola - Tim sepakbola kebanggaan masyarakat Tangerang, Persita...

Catat! 17 – 31 Maret 2022 BKD Kabupaten Pandeglang Buka Pendaftaran Lelang Jabatan Eselon II B

Pandeglang - Badan Kepegawaian dan Diklat atau BKD Kabupaten...

Bupati, Asda dan Seluruh Kepala OPD di Pandeglang Bakal Berangkat ke Bogor Besok

Pandeglang - Sejumlah pejabat di lingkungan Pemda Pandeglang, akan...

Pemkab Pandeglang Mulai Sosialisasikan Standar Pelayanan Minimal

Pandeglang - Pemerintah Kabupaten Pandeglang mulai mensosialisasikan Standar Pelayanan...