Fokus Peningkatan Kepuasan Pelanggan, PDAM TKR Implementasikan ISO 9001:2015

Date:

Tangerang – PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang membuktikan sebagai perusahaan yang selalu berkomitmen untuk terus meningkatan pelayanan bagi pelanggan dan masyarakat. Salah satunya dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berikut pola kerjanya dengan penerapan Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Cabang Teluknaga.

ISO 9001:2015 difokuskan pada kepuasan pelanggan dan perbaikan kinerja perusahaan secara berkesinambungan, ditambah dengan fokus pada manajemen risiko. Tujuan lainnya adalah mengatur sistem administrasi dan dokumen, membangun sistem mulai dari aturan yang berkaitan dengan SDM hingga proses produksi, Memastikan setiap proses dan tahapan telah dilakukan sesuai aturan prosedur yang telah dilakukan.

Sebagai kontrol terhadap tujuan manajemen agar lebih fokus dan konsisten dalam mencapai sasaran mutu perusahaan yang telah ditetapkan serta meningkatkan kualitas dan produktivitas dari manajemen melalui kerjasama dan komunikasi yang lebih baik, sistem pengendalian yang konsisten, pengurangan dan pencegahan pemborosan karena operasi internal menjadi lebih baik.

Sejak Desember 2016, Kantor Cabang Teluknaga telah dijadikan pilot project penerapan ISO 9001:2015, sebelum nantinya diterapkan di semua kantor pelayanan. Cabang Teluknaga saat ini melayani masyarakat di wilayah utara Kabupaten Tangerang memiliki sistem pelayanan yang lengkap dari hulu, yaitu Instalasi Pengolahan Air atau IPA sampai ke hilir yaitu sambungan pelanggan.

Selain itu, guna mendukung pembangunan wilayah utara Kabupaten Tangerang seperti perluasan Bandara Soekarno-Hatta, pembangunan kawasan pemukiman dan industri baru dan lain-lain. Hal ini, tentu saja akan mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan penyediaan air minum. Sebagai langkah antisipasi, maka penyiapan SDM yang handal mutlak dilakukan oleh manajemen PDAM TKR.

Ellisa Suliati, Kabag Produksi mengatakan, penerapan ISO merupakan langkah awal penerapan di cabang Teluknaga dengan diasistensi oleh Konsultan ISO 9001. Untuk mendapatkan Sertifikasi ISO 901 tersebut ditempuh melalui beberapa tahapan kegiatan yang diakhiri dengan audit sertifikasi oleh Badan sertifikasi ISO 9001 yaitu TUV Nord yang dilakukan dalam 2 tahap audit.

“Audit tahap pertama dilakukan pada tanggal 9 Februari 2017 dan audit tahap dua dilakukan pada tanggal 13 dan 14 Februari 2017. Melalui rangkaian audit ini, cabang Teluknaga berhasil meraih Sertifikasi ISO 9001:2015,” kata Ellisa.

Direktur Utama PDAM TKR, Rusdy Machmud menyambut baik keberhasilan penerapan ISO tersebut. Sebagai perusahaan publik yang melakukan pelayanan penyediaan air minum bagi masyarakat, Rusdy mengaku. PDAM TKR memang dituntut memiliki kinerja yang profesional, pegawai yang handal dan sistem perusahaan yang baik.

“Diterapkannya ISO 9001:2015 ini merupakan instrumen kontrol dan evaluasi terhadap jalannya perusahaan yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui jaminan kualitas yang terorganisasi dengan baik dan sistematis. Keberhasilan ini akan diterapkan juga di seluruh kantor cabang, wilayah dan IKK lainnya”, jelasnya.(Bidang Humas Satuan Sekretariat Perusahaan)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related