Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Tangerang Sebut Raperda Pengelolaan Budaya Sesuai dengan Amanat Undang-undang

Published

on

Tangerang – Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Tangerang menilai, rancangan peraturan perundang-undangan (Raperda) tentang Pengelolaan Budaya sudah sesuai dengan amanat Undang-undang. 

 

Achmad Taufik,Kadisporabudpar Kabupaten Tangerang mengatakan, meski belum ada peraturan khusus yang mengatur tentang kebudayaan. Namun, amanat tersebut tertuang dalam UU 1945 pasal 32, bahwa ‘Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah kebudayaan dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai budayanya’.

“Pasal 32 UU 1945 sudah cukup untuk mengusulkan Raperda ini,” ujar Taufik, Jum’at (3/3/2017).

Selain itu, dengan adanya Raperda ini maka Taufik yakin, bahwa pihaknya memiliki regulasi yang mengikat dan tetap untuk melestarikan budaya daerah dengan berlandaskan pada payung hukum. Sehingga, dengan adanya acuan tersebut maka tujuan untuk membentuk identitas diri daerah dapat tercapai.

BACA :  Hanya Ada Pakaian dan Sendal Tercecer di Pinggir Pantai Moring, Anak 8 Tahun di Pulomerak Hilang

“Sejauh ini kami belum bisa mengklaim budaya asli Kabupaten Tangerang, karena belum ada relugasi yang mengatur,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, karena budaya bukan untuk sesaat tapi akan ada selamanya, Pemkab Tangerang sendiri, menunggu regulasi yang mengatur masalah budaya.

“Budaya yang kita miliki bukan hanya untuk saat ini saja, tetapi juga untuk generasi mendatang,” tandasnya.(Zie)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler