Tingkatkan Kesadaran Pengendara, Polres Lebak Lakukan Penyuluhan Safety Riding

Date:

Lebak – Penyebab kematian masih didominasi kecelakaan lalu lintas. Setiap hari ada saja kecelakaan di jalan raya yang menyebabkan luka bahkan berujung kematian. Salah satu faktor yang menyebabkan kecelakaan terjadi disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat mengutamakan keselamatan dan keamanan saat berkendara.

Hal tersebut diungkapkan Kanit Dikyasa Polres Lebak, Ipda Subara, saat menggelar bimbingan dan penyuluhan Safety Riding di terminal Lama Pasar Rangkasbitung, Jumat (3/3/2017).

Subara mengungkapkan, pengendara harus lebih mengutamakan keselamatan saat berkendara dengan cara melakukan pengecekan kendaraan sebelum bepergian. Menurutnya, pengecekan tersebut penting karena bisa saja terjadinya kecelakan disebabkan kondisi kendaraan kurang normal.

“Sebaiknya kendaraan di cek dulu kelayakannya, lantaran banyak kasus kecelakaan yang disebabkan oleh rem blong atau matinya lampu sen. Untuk itu, masyarakat jangan hanya berpikiran asal sampai ke tujuan, akan tetapi pikirkan juga keselamatan diri sendiri dan orang lain,” kata Subara.

Selain pengecekan kendaraan, Pengendara juga harus melengkapi diri dengan surat-surat yang sah semisal Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK. Dirinya juga menghimbau pengemudi khususnya para supir angkot agar mematuhi aturan aturan lalu lintas. Karena, setiap kecelakaan pasti berawal dari pelanggaran yang dilakukan  para pengendara.

“Saya mengimbau agar masyarakat menyadari betapa pentingnya tertib berlalu lintas, lantaran terjadinya kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh pelanggaran yang dilakukan pengendaran. Intinya sayangi jiwa anda dan orang lain ketika membawa kendaraan,” ujarnya.

Seorang supir angkot jurusan Rangkasbitung-Citeras Fahdi Khalid mengaku, baru kali ini mendapatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendaran.

“Baru kali ini mendapatkan pemahaman tentang pentingnya menjaga keselamatan dalam berkendaraan, karena selama ini saya bisa bawa angkot juga belajar sendiri, hanya mengandalkan pengamatan dari teman sesama supir,” katanya.(Ep)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...