Aktivis HMI: Taman di Kota Tangerang Sudah Cukup, Warga Ingin Stadion

Date:

 

Tangerang – Masyarakat Kota Tangerang, khususnya pecinta sepakbola sangat merindukan kebangkitan sepakbola di Kota Tangerang seperti era ketika Persikota Tangerang berjaya. Karenanya, keberadaan stadion yang representatif di Kota Tangerang harus menjadi prioritas Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah yang dikenal gandrung membangun taman.

“Salah satu keinginan warga Kota Tangerang terhadap keberadaan stadion, bisa ditangkap dari fenomena di media sosial. Frase, “Pak Stadion Pak” tengah favorit dibicarakan netizen belakangan ini,” kata aktivis Himpunan Mahasiswa Islam Tangerang Abdul Kadir dalam keterangan tertulisnya kepada Banten Hits.

“Wali kota Tangerang sangat gencar membuat taman sebagai ruang terbuka publik. Hampir setiap pojok di Kota Tangerang telah dibuat taman. Namun hal ini dirasa tidak cukup oleh masyarakat, karena masyarakat membutuhkan stadion sepak bola,” tambahnya.

Menurut Abdul Kadir Persikota Tangerang merupakan klub sepak bola yang didirikan tahun 1994 tepat setahun setelah Kota Tangerang berdiri. Persikota Tangerang didirikan sebagai klub yang mewakili Kota Tangerang di kancah persepakbolaan Indonesia. 

“Sebagai klub baru pada Divisi II Liga Indonesia 1995/1996, Persikota Tangerang memperlihatkan prestasi yang luar biasa yang berhasil menjadi juara. Setelah menjadi juara pada Divisi II Liga Indonesia 1995/1996, Persikota naik tingkat dan bermain pada Divisi I Liga Indonesia 1996/1997. Hasilnya pun luar biasa sehingga Persikota bisa melaju ke Divisi Utama Liga Indonesia pada musim berikutnya. Terhitung dari tahun 1998 sampai dengan tahun 2007 Persikota Tangerang selalu bermain pada Divisi Utama Liga Indonesia dan Persikota selalu menjadi kebanggaan masyarakat Kota Tangerang,” terangnya.

Eksistensi Persikota, lanjut Kadir, mulai redup ketika keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 yang direvisi dengan Permendagri Nomor 21 tahun 2011 yang melarang daerah untuk menganggarkan dana untuk klub sepak bola daerah.

“Hal ini membuat Persikota mengalami kesulitan dana dan menjadi terkatung-katung sampai saat ini. Ditambah lagi sejak keluarnya fatwa haram Majelis Ulama Indonesia tahun 2012 terkait sepak bola di Stadion Benteng Tangerang yang selalu terjadi kericuhan antar-suporter di Tangerang,” jelasnya.

Setelah sepakbola vakum sekian lama di Kota Tangerang, masyarakat kembali merindukan keberadaan stadion sepak bola di Kota Tangerang. Terlebih saat ini serah terima Stadion Benteng yang merupakan stadion kebanggaan Tangerang masih terkatung-katung dari Pemkab Tangerang ke Pemkot Tangerang.

“Sangat disayangkan masalah Stadion Benteng berlarut-larut. Permasalahan Stadion Benteng sebenarnya bukan hanya terkait pengelolaan antara Pemerintah Kabupaten dan Kota Tangerang, namun juga harus diperhatikan akar permasalahan utama terkait sejarah persepakbolaan di Tangerang Raya. Untuk itu Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Tangerang, khususnya Pemerintah Kota Tangerang bisa segera menyelesaiakan dan memulihkan kembali keberadaan Stadion Benteng,” tegasnya.(Rus)   

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Gelandang dan Kiper Andalan Persib Kompak Sebut Laga Versus Persita Pertandingan Berat

Berita Persib - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok dan...

Hadapi Pendekar Cisadane, Maung Bandung Diprediksi tanpa Beckham dan Beltrame

Berita Persib - Pelatih Persib, Bojan Hodak dan Pelatih...

Persib Mesti Hati-hati, Pelatih Persita ‘Bocorkan’ Seluruh Pemainnya Punya Motivasi Tinggi

Berita Persita - Persib Bandung mesti hati-hati jelang laga...

Kabar Baik dari ‘Si Bayi Ajaib’ yang Bersiap Mengarungi 80 Besar Liga 3 Indonesia 2023/2024

Berita Tangerang - Tim Persikota Tangerang menunjukkan perkembangan yang...