Connect with us

METROPOLITAN

15 Pasien Gangguan Jiwa di Lebak DItangani Secara Intensif

Published

on

Lebak –Sebanyak 15 orang pasien gangguan kejiwaan di wilayah Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak kini sedang melakukan terapi penyembuhan yang dilakukan tenaga medis  Puskesmas setempat. Rata rata penderita gangguan kejiwaan tersebut dialami orang dewasa, bahkan dua diantaranya masih dalam kategori di bawah umur.

Kepala Puskesmas Cibadak Uun Sunarya mengatakan, saat ini pasien dengan gangguan mental di tempat kerjanya sudah mengalami perbaikan.

Dalam menangani pasien tersebut, pihaknya bekerja sama dengan keluarga pasien, mengingat salah satu faktor kesembuhan penderita gangguan kejiwaan, adalah peran aktif serta dukungan dari pihak keluarga.

“Kita hanya memberikan pengobatan serta konseling saja, untuk proses penyembuhan rata rata disebabkan karena adanya dukungan dari keluarga penderita. Beruntungnya pihak keluarga penderita gangguan kejiwaan menyadari hal itu, jadi secara tidak langsung membantu tenaga medis yang menanganinya,”kata  Uun, kepada wartawan diruang kerjanya. Selasa(21/3).  

BACA :  Mobil Pick Up Terguling di Kawasan Wisata Gunungluhur, Tiga Orang Meninggal Dunia

Menurutnya, banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan kejiwaan, semisal disebabkan faktor ekonomi, masalah rumah tangga, tekanan dalam pekerjaan. Sehingga bagi orang yang tidak mampu mengendalikan  permasalahnya akan rentan terkena gangguan kejiwaan, untuk itu, ia menghimbau agar masyarakat sebisa mungkin menghindari masalah yang menimbulkan tingkat stress yang tinggi.

“Kebanyakan disebabkan oleh paktor ekonomi dan rumah tangga,” kata Uun.

Bagian  Paramedis dan Pengelola Program pada Puskesmas Cibadak Dian Eka Herawaty, menambahkan, saat ini, pihaknya rutin melakukan pengawasan serta pembinaan kepada para pasien dan keluarganya. Jika tidak dilakukan pengawasan, maka dikhawatirkan gangguan kejiwaanya dapat kambuh lagi. Mengingat dalam menangani pasien gangguan kejiwaan tersebut harus dilakukan secara intensif dan telaten.

BACA :  Pimpin Langsung Pengiriman Logistik dan Relawan ke Lokasi Tsunami di Carita, Zaki: Kita Saling Membantu dan Menguatkan

“Kita masih lakukan pengawasan kepada pasien, dan Alhamdulillah masih tertangani, bahkan adal salah satu pasien yang sudah datang ke puskesmas tanpa di dampingi oleh keluarganya,”kata Dian.(Ep)

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler