Connect with us

METROPOLITAN

Persiapan Arus Mudik 2017, Pelabuhan Merak Diminta Perhatikan Keselamatan Penumpang

Published

on

Cilegon – Menjelang persiapan arus mudik lebaran tahun 2017 di Pelabuhan Penyebrangan Merak, melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Merak yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, Kamis (6/4/2017). 

 

Pantauan Banten Hits, petinggi negara tersebut langsung mendapatkan penjelasan dari para petinggi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry terkait, situasi di Pelabuhan dan kesiapan Pelabuhan Merak dalam menghadapi arus mudik lebaran 2017. Setelah mendapatkan penjelasan, Dirjen beserta rombongan langsung melakukan pemantauan dermaga enam pelabuhan, yang pembangunannya sudah berjalan 90 persen dan dipastikan akan dioperasikan pada musim mudik depan. 

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Pudji Hartanto mengatakan, agar seluruh pihak terkait dengan Pelabuhan Merak, agar serius dalam melaksanakan angkutan mudik lebaran 2017, terlebih pelayanan yang akan diberikan kepada penumpang kapal yang menggunakan jasa penyebrangan.

BACA :  Punya Kawasan Tanpa Rokok, Tangsel Dapat Paramesti dari Kemenkes

“Setelah mendapatkan penjelasan dapat dikatakan dalam waktu dekat ini, sebelum menghadapi persiapan angkutan lebaran dapat dilaksanakan berbagai persiapan seperti simulasi keselamatan di atas kapal atau kegiatan lainnya,” ujarnya. 

Selain itu, Pudji meminta kepada PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, agar serius dalam memperhatikan keselamatan dan keamanan penumpang kapal, seperti menyeleksi kondisi kapal yang melayani penyebrangan di pelabuhan Merak. hal tersebut dilakukan, agar peristiwa yang membahayakan penumpang seperti kecelakaan kapal dapat dihindari. 

“Kapal yang tidak bisa sampai 10 trip minggir dulu. Jangan sampai kapal yang masih dibawah 10 trip diperbolehkan operasi. Ini bahaya sekali bagi masyarakat,” ungkapnya. 

Pudji menegaskan, PT ASDP Indonesia Ferry selaku operator di Pelabuhan Merak mewajibkan melaksanakan manifest kepada seluruh penumpang kapal, dengan cara melakukan pendataan kepada penumpang pejalan kaki, maupun penumpang yang menggunakan kendaraan. 

BACA :  Petani di Lebak Ditemukan Tewas dengan Tangan Terikat

“Saya juga meminta agar tidak memaksakan muatan kapal. Jangan sampai overload. Muatan harus sesuai prosedur. Jangan sampai menyalahi aturan, itu sangat berbahaya,” tegasnya. 

Ditempat yang sama Direktur Usaha Penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry, La Mane mengatakan, dalam menghadapi persiapan arus mudik lebaran 2017 Pelabuhan Merak sudah melakukan berbagai persiapan diantaranya, melakukan pelebaran arus kendaraan menuju jalur dermaga.

“Saat ini kita juga sudah bisa mengoperasikan Dermaga VI. Nanti pada saat arus mudik lebaran dermaga ini khusus untuk kendaraan pribadi,” tandasnya.(Zie)



Terpopuler