Tiga Rumah di Perkampungan Baduy Ludes Dilahap Api

Date:

Lebak – Kebakaran kembali terjadi di permukiman warga suku Baduy luar, Kamis (5/4/2016) dini hari. Kali ini, api meludeskan tiga rumah warga yang berada di Kampung Cikadu, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Ketiga rumah yang terbuat dari kayu dan berdinding bilik bambu tersebut merupakan milik Sadi (45), Aming (50) dan Armah (60).

 

Api pertama kali berasal dari rumah Aming. Saat itu, ambu orangtua Aming memasak menggunakan sebuah tungku yang berada di rumah mereka, Rabu (5/4) sekitar pukul 18.00 WIB. Berniat menunggu masakan, ambu kemudian merebahkan diri. Sayang, ia justru tertidur pulas.

Ambu tak menyadari bahwa bahaya tengah mengancam dirinya hingga sekitar pukul 03.00 WIB Ambu terbangun dan mendapati api sudah mulai membesar. Ambu yang saat itu sendiri karena Aming sedang menginap di salah satu rumah saudaranya langsung berusaha menyelamatkan diri.

Kobaran api yang melahap rumah Aming mulai menjalar ke rumah milik Sadi dan Armah hingga ketiga rumah bersama barang-barang di dalamnya ludes terbakar.

“Untung enggak ada korban,” kata Taki salah seorang warga yang juga menyaksikan kebakaran tersebut.

Dengan peralatan sedanya, warga berusaha memadamkan api. Kobaran api yang sudah menghanguskan ketiga rumah tersebut baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB.

 dengan peralatan seadanya, untungnya sekitar pukul 6 pagi warga berhasil memadamkan kobaran api. Perkiraan, kerugian materi yang dialami ketiga rumah korban kebakaran tersebut berkisar Rp 150 juta, lantaran seluruh rumah dan isinya habis terbakar.     

Kepala BPBD Lebak, Kaprawi mengatakan, bantuan logistik sudah disalurkan termasuk mengirim relawan untuk membantu.

“Sementara itu yang kita bisa lakukan sambil menunggu perkembangan selanjutnya,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related