Indonesia-Iran Jajaki Kerja Sama Nanoteknologi

Date:

Tangsel – Kedutaan besar Irna melakukan kunjungan delegasi Nanoteknology Task Force Team ke Puspiptek, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kepala Puspiptek Sri Setiawati mengatakan, kunjungan tersebut dimanafaakan Indonesia untuk membahas pengembangan tindak lanjut dari kunjungan Menteri Koordinator Perekonomian ke Iran pada 26-27 Februari 2017 lalu. Selain itu, sebagai tindak lanjut MoU Indonesia dan Iran di semua sektor dan riset bidang teknologi, pendidikan hingga komersialisasi.

“Perjanjian ini lebih mengarah dan berkaitan dengan pengembangan produk. Oleh karena itu, kita semua sepakat melakukan kerja sama mulai dari join workshop, seminar, riset bersama hingga komersialisasi hasil penelitian,” kata Sri, Rabu (12/4/2017).

Baik Indonesia dan Iran saling bertukar informasi tentang teknologi yang ada. Salah satunya pertanian yang bisa diolah menjadi lebih besar.

“RI-Iran saling memberitahukan teknologi yang ada di negara masing-masing. Bidang pertanian yang bisa diolah menjadi lebih besar, seperti kunyit dan jahe yang diolah menjadi produk kecil (nano) yang lebih banyak manfaatnya,” jelasnya.

Dengan terjalinnya kerja sama antara RI-Iran di bidang nanoteknologi dapat terealisasikan sehingga inovasi di bidang tersebut dapat berkembang pesat dan dapat menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Peserta delegasi berkesempatan untuk mengunjungi Pusat Teknologi Material (PTM) BPPT sebagai pusat/laboratorium yang melakukan penelitian dibidang nanoteknologi di Kawasan Puspiptek. Peserta delegasi juga melihat secara langsung produk-produk dan fasilitas apa saja yang tersedia guna menunjang penelitian di bidang nanoteknologi.

Iran menempati urutan ke 15 negara terkemuka di dunia yang berhasil mengembangkan nanoteknologi bagi kepentingan ilmiah, kesehatan maupun inovasi produk-produk industri Iran, terutama di bidang konstruksi, tekstil, energi, pertanian, hingga food packing.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Akses Kemudahan Informasi Hingga Pendaftaran Kartu Kuning Melalui Aplikasi SIPUTERI Milik Pemkab Pandeglang

Pandeglang - Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten...

Tiga Aplikasi Online Diluncurkan Pemkab Tangerang

Tangerang - Tiga aplikasi online yakni Perijinan Terpadu (Sipintar),...