Connect with us

METROPOLITAN

Sektor Pertanian Punya Kontribusi Besar Bagi Pembangunan di Lebak

Published

on

Lebak – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyatakan, pemerintah daerah memberikan perhatian besar terhadap sektor pertanian. Selain sebagai upaya mensukseskan swasembada pangan, pertanian merupakan sektor yang cukup punya kontribusi besar terhadap pembangunan daerah.

“Ya, sektor ini memang mendapat perhatian serius kami,” kata Iti saat rakor bidang pertanian, di Aula Multatuli Gedung Setda Lebak, Selasa (18/4/2017).

Besarnya kontribusi pertanian terhadap pembangunan di Kabupaten Lebak dikarenakan ketersediaa sumber daya alam beragam, pangsa pasar dan letak wilayah yang strategis karena dekat dengan ibukota.

“Banyak masyarakat kita yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini,” ungkapnya.

Pemkab bersama stakholder terkait sambung Itu harus menyamakan persepsi untuk mencari solusi dan melakukan inovasi dalam percepatan pembangunan di bidang pertanian agar swasembada pangan terwujud dan mendukung program ketahanan pangan nasional.

BACA :  Truk Over Tonase Dibolehkan Menyeberang Lewat Pelabuhan Merak, Tapi

“Sektor pertanian di Lebak memiliki keunggulan komparatif. Luas lahan terbesar di Provinsi Banten, kemudian prediksi BMKG tentang cuaca pun mendukung jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ini sangat mendukung untuk tanam padi, jagung, kedelai dengan tingkat risiko kekeringan relatif lebih kecil,” paparnya.

Melalui Program Upaya Khusus (Upsus)  tiga komoditas utama yakni padi jagung dan kedelai (Pajale), Pemkab Lebak bertekad mensukseskan kedaulatan pangan dalam tiga tahun.

“Pendampingan Upsus sangat perlu dan penting dilakukan untuk meningkatkan luas tanam dan produktivitas hasil panen,” kata Kepala Dinas Pertanian, Dede Supriyatna menambahkan.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler