Sosok R.A Kartini Harus Jadi Inspirasi Perempuan Masa Kini

Date:

Tangerang – R.A Kartini merupakan tokoh wanita terkenal di Indonesia yang dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional. Semasa hidupnya, Kartini sangat gigih memperjuangankan emansipasi wanita.

Setiap tanggal 21 April yang merupakan hari kelahirannya, diperingati sebagai Hari Kartini. Ucapan selamat dan harapan kepada perempuan-perempuan masa kini pun mengalir di Hari Kartini. Peringatannya diperingati sebagai wujud penghormatan atas perjuangannya memperjuangkan hak-hak kamu hawa.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah juga turut menyampaikan pesannya. Menurutnya, Hari Kartini harus dijadikan momentum untuk senantiasa meneruskan perjuangan sosok R.A Kartini atas gagasan dan pemikiran besarnya.

“Terutama memberikan kesadaran kepada kaum perempuan untuk mengenyam dunia pendidikan, yang saat ini hasil pemikirannya telah membuat perempuan turut andil dalam berbagai profesi, terutama bidang pemerintahan,” kata Arief.
 
Untuk itu, Arief berharap, tokoh emansipasi wanita ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh perempuan di Indonesia, khususnya di Kota Tangerang agar dapat tumbuh menjadi perempuan yang kreatif, inovatif serta parsitipatif.
 
“Berbagai prestasi telah dihasilkan kaum perempuan di berbagai bidang maupun dari segi kepemimpinan maupun program kerja, semua itu tidak terlepas dari buah pemikirannya. Selamat Hari Kartini kepada para perempuan di Kota Tangerang dan di seluruh Indonesia. Teruslah berkarya untuk Kota Tangerang dan Indonesia,” katanya.

Di Kota Tangerang, peringatan Hari Kartini diawali dengan apel pagi di mana para petugasnya adalah para kaum hawa. Seperti halnya yang dilakukan para pegawai di kecamatan, kelurahan dan puskesmas dengan mengenakan kebaya.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Iis Rodiyah, yang memimpin jalannya apel di Pusat Pemerintah Kota Tangerang menyampaikan, sebagai kaum hawa, sepatutnya mengikuti jejak RA Kartini.

“Jangan sampai peringatannya hanya sebatas kegiatan lomba, mengenakan busana tradisional, yang hanya rangkaian seremonial saja,” pesan Iis.
 
Kartini masa kini, lanjutnya, harus mampu meningkatkan kualitasnya dan dapat membina keluarga agar senantiasa harmonis serta mendidik anak agar dapat menjadi generasi penerus yang tangguh dan berakhlak mulia.
 
Suasana Hari Kartini juga dirasakan di beberapa gedung pemerintahan lainnya. Seperti terlihat di Kecamatan Batuceper, dimana para  pegawai perempuan secara kompak mengenakan kebaya. Tak ketinggalan pula para pegawai laki-laki juga tampak begitu gagah menggunakan pakaian khas Betawinya.

Bahkan di beberapa puskemas para dokter dan perawatnya melayani pasiennya dengan menggunakan baju kebaya. Tak ketinggalan pula para kader posyandu pun dengan kompak menggunakan baju yang menjadi ciri khas Indonesia tersebut.

Kondisi tersebut rupanya juga mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat yang datang ke puskesmas. Mereka mengapresiasi kepedulian para pegawai terhadap perjuangan dan dedikasi R.A Kartini.

“Meski hanya lewat pakaian, namun terlihat jelas kepedulian mereka terhadap perjuangan R.A Kartini,” ujar salah satu pasien di Puskesmas Karawaci Baru.

“Dan kebetulan tadi dokternya juga perempuan, jadi ini salah satu bukti nyata hasil perjuangan R.A Kartini,” tambahnya.(Humas Pemkot Tangerang)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...