Butuh Uji Coba Jika Pilpres Gunakan e-Voting

Date:

Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menyatakan kesiapannya jika pemilihan presiden (pilpres) 2019 menggunakan sistem e-Voting. Akan tetapi, selain butuh sarana pendukung IT dan sumber daya manusia, dibutuhkan uji coba dalam penerapannya.

“Tentu harus ada peralatan khusus di TPS. Bicara siap dan tidak, itu tergantung pada regulasi dan pembiayaannya. Secara nasional kan belum pernah diuji coba, hanya pada pilkades di beberapa daerah memang sudah tapi di Banten kan belum. Kita baru gunakan e-Counting pada pilgub kemarin,” kata Komisioner KPU Banten, Didih M. Sudi, Jumat (28/4/2017).

Artinya kata Didih, harus dilakukan uji coba secara bertahap di beberapa wilayah dan tidak bisa dilaksanakan secara serentak

“Kalau melihat Undang-undang memang memungkinkan, tapi juga perlu diantur lagi di PKPU,” ujarnya.

Didih mengaku pernah belajar mengunakan sistem e-Voting pada September 2016. Menurutnya, bukan kesulitan pada tahap pengoperasian akan tetapi dibutuhkan persiapan yang matang.

“Tujuannya kan untuk efisiensi agar penghitungan lebih cepat. Tapi kan ada aspek-aspek lain, misalnya dari sisi keamanan, seberapa besar kita percaya dengan sistem ini, apalagi budaya kita sudah terbiasa dengan mencoblos,” paparnya.

Banyak negara yang justru beralih dari e-Voting ke sistem manual. Pada prinsipnya, daerah tergantung dengan regulasi dengan catatan harus dipersiapkan segala sesuatunya termasuk software dan hardware terutama masyarakatnya.

“Karena ini membutuhkan kepercayaan yang besar terhadap penyelenggara. Kalau manual bisa dihitung bareng-bareng, kalau e-Voting kan dalam mesin dan akumulasi, jadi siapa yang bisa menjamin mesin enggak di otak-atik,” lengkapnya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...