Polisi Tetapkan Iwa K sebagai Tersangka Kasus Narkoba

Date:

Tangerang – Polisi menetapkan rapper Iwa Kusuma alias Iwa K (46) sebagai tersangka dalam kasus narkoba. Iwa K kedapatan mencampur tembakau di tiga batang rokoknya dengan daun ganja 1,485 gram.

“Berdasarkan hasil gelar perkara, kami menetapkan satu tersangka yakni IK sebagai tersangka. Sementara temannya yang saat itu bersamanya di bandara tidak memenuhi unsur yang dapat dikaitkan dengan Undang-undang Narkotika,” ujar Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Arif Rachman, Senin (1/5/2017).

Penetapan tersangka terhadap Iwa dikeluarkan dengan bukti pendukung yakni surat hasil pemeriksaan dari Puslabfor Mabes Polri.

“Dari hasil yang kami terima, netto atau berat bersih dari THC yang ada pada rokok tersebut adalah 1,4850 gram, dan dapat dipastikan itu positif ganja,” ungkap Arif.

“Sesuai dengan Pasal 180 KUHP, alat bukti sudah cukup untuk menaikkan statusnya menjadi tersangka,” katanya.

Suami dari Wikan Resminingtyas ini dikenakan Pasal 111 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 2 huruf a yakni Narkotika bagi penyalahguna untuk diri sendiri.

“Tapi kita harus lihat dulu nanti, termasuk dari hasil assessment BNN. Rekomendasinya seperti apa, seiring penyelidikan pengenaan pasal bisa berubah,” tandasnya.

Iwa K diamankan Sabtu (29/4/2017) diamankan petugas Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. Saat itu, Iwa K memasuki Security Check Point (SCP) 2 Terminal 1A. Rencananya, ia akan menuju Palembang dengan pesawat Lion Air JY792.

“Bermula dari kecurigaan petugas kami terhadap bungkus rokok yang dibawa pria tersebut. Saat dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan 3 linting ganja yang disimpan dalam bungkus rokok pelaku,” kata Security, Rescue, & Fire Fightinf Senior Manager Bandara Soetta, Tommy Hadi Bawono.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...