Connect with us

METROPOLITAN

Pemkot Tangerang Selatan Canangkan Zero Delta Q

Published

on

Tangsel – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany bersama Dinas Pekerjaan Umum (DPU) menebar benih ikan di Taman Kota II, Kecamatan Setu, Tangsel, Selasa (2/5/2017).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia. Dalam kesempatan tersebut, Pemkot Tangsel juga mencanangkan konsep Zero Delta Q (run off).

“Air limbah merupakan sumber daya yang penting dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan. Target ini bertujuan untuk menggunakan kembali air limbah yang bersumber dari rumah tangga, industri dan perkantoran dengan mendaur ulang sehingga aman digunakan,” kata Airin.

Pengelolaan air limbah dianggap tidak hanya penting bagi kelanjutan hidup generasi di masa mendatang. Akan tetapi, berkaitan pula dengan kesehatan, dan pembangunan.

BACA :  Begini Isi Pesan Singkat Teror Bom di KA Merak-Rangkasbitung

“Diperlukan pengendalian pengelolaan air dan air limbah melalui Zero Delta Q,” jelasnya.

Sebagai daerah penyangga ibu kota, laju pertumbuhan penduduk di Tangsel meningkat setiap tahunnya. Ke depan, Tangsel diyakini akan menjadi sebuah kota megapolitan.

“Pesatnya pertumbuhan ekonomi dan kepadatan penduduk membuat tekanan terhadap ruang dan lingkungan akan kebutuhan perumahan, permukiman dan perdagangan/jasa beserta fasilitas pendukungnya,” terang Airin.

“Ini mewajibkan setiap bangunan tidak boleh mengakibatkan bertambahnya debit air ke sistem saluran drainase atau sistem aliran sungai yang dilakukan dengan mengelola dan memanfaatkan kembali sistem penampungan air hujan dan air limbah untuk kepentingan internal secara mandiri, menyediakan kolam dan sumur resapan atau, tandon-tandon air,” bebernya.

BACA :  Kecam Pembakaran Masjid di Tolikara, GP Ansor Banten Desak Pemerintah Segera Pulihkan Kondisi di Papua

Seluruh stakeholder terkait diharapkan bisa bersama-sama mendukung upaya pengelolaan air dan air limbah agar menjadi sumber daya dan investasi generasi di masa mendatang.

“Tidak hanya ditumpukan kepada pemerintah saja, perlu peran serta semua pihak,” kata Airin.(Nda)




Photos

  • Videos


  • Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    1 of 3
    Video Redaksi
    2 of 3
    Video Redaksi
    3 of 3
  • Advertisement
    Click to comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    seventeen + 12 =

    Terpopuler