Tangani Banjir, Arief Minta Balai Besar Lanjutkan Normalisasi Kali Ciracab

Date:

Tangerang – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menijau kondisi banjir yang menggenang permukiman warga. Banjir yang mulai merendam pada Senin (08/05) terpantau berangsur surut.

Saat meninjau tempat pengungsian warga di GOR Total Persada, Arief mengatakan, saat ini Pemkot Tangerang tengah fokus mempercepat pengurangan debit air dengan menambah pompa.

“Kita lakukan percepatan pemompaan, dari eksisting 8 kita tambah 3, karena perumahan Total Persada ada di bawah sungai Kali Ledug,” kata Arief.

Selain disebabkan curah hujan yang tinggi, banjir yang kembali merendam permukiman warga juga akibat dari sedimentasi di Kali Cirarab. Dalam waktu dekat, Arief akan berkoordinasi dengan BBWS Ciliwung Cisadane untuk melanjutkan normalisasi Kali Cirarab mulai dari jembatan Cadas sampai Sarakan.

“Jadi ini air balik dari Kali Cirarab ke Kali Ledug,” ucapnya.

“Kalau hasil penelusuran kemarin itu masalahnya ada di Cadas di sana Sungai Cirarab ini mengalami penyempitan,” tambahnya.

Arief mengatakan, tahun lalau sudah dilakukan pengerukan sepanjang 3 km ke arah hanya belum dilanjutkan sampai Sarakan.

“Makanya nanti kita akan berkoordinasi dengan balai besar,” ucapnya.

Sementara itu, untuk menangani banjir di wilayah barat Pemkot Tangerang kini tengah membangun pintu air di ujung Kali Ledug dan penambahan sheet pile.

“Tahun ini kita bangun pintu air di ujung Kali Ledug dan penambahan sheet pile, ini sedang on progress mudah-mudahan dua bulan lagi bisa kelar,” ungkapnya.

Pembangunan pintu air dan sheet pile tersebut berfungsi untuk menahan limpasan air dari Kali Cirarab.

Terkait dengan kebutuhan pengungsu, bantuan berupa obat-obatan, karpet, dan juga sembako sudah disalurkan. Termasuk 3.000 nasi bungkus untuk 985 KK yang mengungsi. Untuk menjaga kesehatan, Arief mempersilahkan warga untuk datang ke puskesmas yang berada persis di depan tempat pengungsian.

“Jadi sekarang masyarakat sudah dievakuasi ada yang di masjid ada yang di GOR sejak tadi malam aparat baik itu BPBD dan Pol PP juga sudah terjun ke lapangan, saya juga ucapkan terima kasih kepada TNI dan polri yang telah membantu masyarakat. Dan saya harapkan masyarakat juga bisa bersabar atas kondisi ini,” harapnya.(Humas Pemkot Tangerang)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related