Connect with us

Pemkot Tangerang

Guru BK Harus Mampu Bentuk Karakter Siswa

Published

on

Tangerang – Guru Bimbingan dan Konseling (BK) memiliki peran penting memperkuat karakter para siswa dan pendengar bagi siswa yang mengalami masalah serta membantu dalam mencari solusi terhadap kesulitan yang dihadapi.

Pesan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Dadi Budaeri, saat membuka Pelatihan Seminar dan Workshop Guru BK SMP Kota Tangerang di Ruang Akhlakul Karimah, Jumat (12/05).

Dadi mengungkapkan, guru konseling harus memiliki beberapa kriteria, diantaranya harus memahami betul mengenai pengetahuan siswa, mampu menjadikan siswa sebagai seseorang yang berkarakter, serta mampu mencari potensi yang dimiliki siswa dan membantu mengembangkannya.

“Mengapa? Karena anak-anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak untuk meraih masa depan yang cerah,” kata Dadi.

BACA :  KNPI Kota Tangerang Di-challenge Sachrudin Gerakkan Pemuda Berpartisipasi dalam Pembangunan

Namun, saat ini terdapat pergeseran serta perubahan perilaku yang cenderung membawa dampak kurang baik kepada siswa, yang diakibatkan berbagai perubahan seperti lingkungan, sosial, maupun teknologi.

“Tantangan ini jadi tanggung jawab kita bersama, yang perlu mendapatkan perhatian baik dari pemerintah maupun masyarakat,” ucap Dadi.

Dengan berperan aktifnya guru BK, Dadi berharap, kedisiplinan dari para siswa juga akan semakin baik sehingga setiap tugas dan kewajibannya dapat dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan aturan yang ada di sekolah.

“Guru BK tidak hanya mendengarkan problem yang dialami siswa, melainkan juga harus dapat membantu siswa mengetahui kemampuan yang dimiliki dan menjadikannya sebagai pejuang yang tangguh serta disiplin,” pesannya.

BACA :  Pemkot Kembali Suarakan Stop Kekerasan terhadap Anak

Dadi berharap seluruh guru BK di Kota Tangerang dapat mulai membantu siswa dalam mengetahui potensi yang dimiliki siswa, sehingga nantinya para pelajar dapat menjadi siswa yang berkarakter. Tentunya, dapat lebih percaya diri dalam mengambil sebuah keputusan untuk pengembangan dan kemajuan dirinya.(Humas Pemkot Tangerang)



Terpopuler