Harga Sayuran Melonjak, Warga Kroncong Pandeglang Tanami Pekarangan dengan Sayuran

Date:

Pandeglang – warga Desa Koroncong RT 02/01, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Pandeglang memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing dengan menanam beragam jenis sayuran. Aneka sayuran itu ditanam dalam polybag. Seperti kangkung, bayam, sosim, bawang merah, tomat, cabai merah dan cabai rawit. Dengan pemanfaatan pekarangan ini, tentunya mengatasi pemborosan bagi para ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan memasak setiap hari.

 

Menurut keterangan Ketua RT 02/01, Soleman , pemanfaatan pekarangan rumah ini sudah dilakukan warga karena tingginya harga bahan pokok di pasaran.

“Selama ini warga memanfaatlan pekarangan rumahnya untuk tanaman hias saja, Saya dan aparatur lain mencoba memberikan contoh kepada warga dengan menanam tanaman yang lebih bermanfaat seperti sayuran,” papar Soleman, Selasa (16/5/2017)

Sebelum mengajak masyarakat melakukan apa yang ada di pikirannya, Solemanl mencoba bertanam beragam jenis sayuran di pekarangan rumahnya sendiri. Dan setelah berhasil, barulah ia mengajak warganya untuk melakukan hal yang sama. 

Dengan memanfaatkan lahan 2×4 Meter warga sudah bisa menanam sayuran dengan sistem bertingkat, menggunakan pohon bambu yang diisi dengan media tanah. Selain hanya membutuhkan lahan yang sedikit, perawatannya juga cukup mudah dengan menyiram 2x sehari dan menambahkan pupuk. Pengendalian hama terhitung gampang karena setiap hari bisa dikontrol perkembangannya.

“Untuk pupuknya kita manfaatkan kotoran ternak. Seperti, kotoran Kambing atau Kerbau yang mudah didapat dan gak perlu modal,” ucapnya.

Sementara itu, Safri salah seorang warga, mengaku telah merasakan manfaat dari menanam Sayuran dipekarangan rumahnya, tanaman tomat dan cabe rawit yang ia tanam telah menuai hasil dan cukup memuaskan.

“Untuk keperluan sehari-hari cukup terbantu juga jadi gak usah beli cabe,tomat dan yang lainnya kalau di depan rumah ada mah, apalagi sekarang harga kebutuhan pokok mulai naik,” tandasnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...