Jelang Ramadan, Ribuan Warga Padati Makam Keramat Prabu Daleum Wong Sagati Sajira Lebak

Date:

Lebak – Makam Keramat Prabu Daleum Wong Sagati yang terletak di Kampung Daleum, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak dipadati ribuan masyarakat yang hendak melakukan ziarah menjelang bulan suci ramadan 1438 H.

 

Kepala Desa Sajira mekar, Jaenudin mengatakan, kegiatan ziarah akbar sudah biasa dilakukan setiap kali menghadapi bulan suci ramadan, para pengunjung pun dari berbagai daerah. Bahkan hingga luar Kabupaten.

“Tempat ziarah ini sudah biasa ramai pada momen momen tertentu karena memang sebagai bentuk penghargaan menghadapi bulan penuh ampunan,” kata Jaenudin kepada Banten Hits, Kamis (25/4/2017).

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Lebak telah menetapkan makam karoma (Makam Keramat), Prabu daleum wong sagati sebagai salah satu tempat kasepuhan yang ramai dikunjungi masyarakat untuk melakukan ziarah.

“Kita sudah dikuatkan dengan Perda nomor 8 tahun 2016 tentang kasepuhan di Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Jaenudin menjelaskan, kegiatannya sendiri meliputi Ziarah akbar, solawat bersama, manakiban hingga acara makan bersama seluruh masyarakat yang melakukan ziarah.

“Ini sebagai bentuk kepedulian, kebanggan kami sebagai umat muslim menghadapi bulan yang penuh berkah, dan ini sudah menjadi tradisi rutin,” jelasnya.

Sementara Camat Sajira, Apip Saepudin mengatakan, tempat kasepuhan atau penziarahan makam keramat Prabu daleum wong sagati ini merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi masyarakat beragama islam.

“Kita sebagai umat muslim ikut ziarah, dan sebagai pemerintah kecamatan juga terus menjaga kondusifitas dan fasilitas yang ada ditempat penjarahan tersebut,” tuturnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...