Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Lebak Panen 25 Hektar Sawah di Kecamatan Bayah

Published

on

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak (Pemkab) melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun), bersama Kodim 0603 Lebak melaksanakn panen raya di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Kamis (25/5/2017).

 

Dandim 0603 Lebak, Letkol Arh Syafa Susanto mengatakan panen raya ini merupakan hasil dari program kerjasama antara TNI dengan pemerintah, untuk menggenjot sektor pertanian guna berjalannya program ketahanan pangan.

“Saat ini ada 25 hektar sawah yang kita panen,” kata Syafa kepada Banten Hits.

Menurutnya, TNI bersama Pemkab Lebak akan terus berupaya mendongkrak sektor pertanian agar terus surplus, sehingga ketersediaan padi bisa terus stabil dan dalam tahap aman.

“Ini juga salah satu cara untuk meningkatkan swasembada pangan,” ujarnya singkat.

BACA :  Polda Banten Sita Dua Kontainer Produk Eiger Palsu dari Panongan?

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Lebak, Dede Supriatna dalam sambuannya mengatakan, Sawarna merupakan barometer kemajuan pertanian di wilayah Kecamatan Bayah dan menjadi tolak ukur stabilitas Pangan ditingkat kecamatan.

“Walaupun masih ada kendala masalah pengairan di wilayah tersebut, yang mana pipanisasi saluran air untuk mengaliri lahan total 40 Hektar sawah itu belum bisa sampai ke lokasi sawah, masih memerlukan tambahan pipanisasi kurang lebih 2 Kilometer dengan ukuran 8 inch sehingga sawah tersebut bisa teraliri, karena sekarang ini masih mengandalkan air hujan,” jelasnya.

Dede menghimbau masyarakat Kabupaten Lebak harus menggunakan subsidi Pemerintah, baik Benih maupun pupuk dan ketika ada hal yang tidak wajar maka masyarakat wajib melaporkan.

BACA :  Tujuh Pompa Dikerahkan Atasi Banjir di Ciledug Indah

“Manfaatkan bantuan yang sudah diberikan pemerintah dan laporkan ketika ada kejanggalan,” tuturnya.(Zie)



Terpopuler