Connect with us

METROPOLITAN

Polres Serang Pasang Imbauan di 8 Perlintasan Kereta Api Tak Berpalang

Published

on

Serang – Untuk mencegah kecelakaan di perlintasan kereta api tak berpalang pintu, Satlantas Polres Serang memasang spanduk berisi imbauan agar pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintas.

Spanduk bertuliskan ‘Hati-hati! Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu Rawan Kecelakaan’ ini dipasang 50 meter dari perlintasan.

Kapolres Serang AKBP Wibowo mengatakan, ada 9 titik perlintasan kereta api di wilayah Serang. Delapan diantaranya, tanpa dilengkapi palang pintu.

“Kami berharap ada perhatian dari instansi terkait agar segera memasang palang pintu di 8 perlintasan itu,” ujar Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/6/2017).

Petugas perlintasan kereta api Agus Setiawan mengatakan, PT KAI melarang perlintasan dilewati kendaraan. Pasalnya, di dalam peta KAI, perlintasan hanya boleh dilalui oleh pejalan kaki.

BACA :  Kembalikan Kepercayaan Publik, PT BGD Minta Diaudit

“Sedangkan untuk perlintasan yang dapat dilalui oleh kendaraan, seharusnya dibuat under pass atau membuat fly over, agar tidak bersinggungan langsung dengan jalur kereta api,” terang Agus.

Menurutnya, banyaknya jalur kereta api yang dilintasi kendaraan diakibatkan perkembangan pembangunan yang tidak dapat dihindari.

“Pemda yang bertanggung jawab untuk membuat fasilitas di perlintasan, seperti palang pintu, dan juga harus menyediakan petugas penjaga. PT KAI hanya melakukan pemeliharaan terhadap perlintasan rel kereta,” paparnya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh