Warga Tuding Pemecah Ombak Milik PLTU Labuan Penyebab Abrasi dan Pendangkalan Sungai

Date:

Pandeglang – Dermaga dan pemecah ombak milik PLTU Labuan dituding menjadi penyebab terjadinya abrasi tanah Pantai Karoeng dan pendangkalan pada Sungai Cibama.

“Sebelum ada PLTU, luas tanah Pantai Karoeng 14.500 meter, tapi sekarang menyusut 20 meter dan Sungai Cibama mengalami kedangkalan hampir 1 meter,” tutur Encim salah seorang warga, Jumat (7/7/2017).

Selain menyangkan tidak adanya ganti rugi, Encim minta pihak PLTU membuat tanggul penahan ombak di pantai sekitar PLTU.

“Buatkan Dam seperti dermaga,” katanya.

Terpisah, Humas PLTU II Labuan, Irwin Sumaryo, membantah jika abrasi disebabkan dua faktor tersebut. Menurutnya, harus ada kajian dari tim ahli yang menyatakan jika memang abrasi diakibatkan PLTU.

“Bisa saja kan abrasi karena faktor alam. Tanah yang terkena abrasi berhadapan langsung dengan pantai selatan yang terkenal mempunyai arus yang kuat. Harus dilihat dari berbagai faktor, tidak benar karena PLTU,” kilahnya.

Pihaknya juga tak bisa berbuat banyak menanggulangi abrasi tersebut dan menyarankan kepada warga untuk berkonsultasi ke pemerintah daerah.

“Itu di luar kita. Silahkan ke dinas terkait, karena kita tidak tahu persis soal itu. PLTU hanya menjalankan apa yang diatur oleh pemerintah, misalnya terkait pengolahan limbah,” tandasnya.(Nda)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...