Connect with us

METROPOLITAN

Ratusan Hektare Sawah di Lebak Alami Puso Akibat Diserang Hama

Published

on

Lebak – Berbagai jenis hama tanaman menyerang 1.022 hektar tanaman padi petani yang berada di wilayah Kabupaten Lebak. Khususnya di Kecamatan Panggarangan, Wanasalam, Cilograng, Cibeber, Bayah, Cihara dan Malingping diserang hama wereng coklat.

 

Serangkan hama wereng ini menyebabkan seluruh sawah yang terserang mengalami puso dan produktivitas padi di lahan yang sudah terserang hama akan mengalami penurunan.

Herdin, petani asal Desa Situregen, Kecamatan Panggarangan mengatakan, sawah di desanya mulai diserang hama secara perlahan sehingga, menyebabkan batang padi mengering bahkan gagal panen.

“Sawah saya sudah jelas gagal, karena memang tidak sempat mendapatkan penanganan pengendalian dari Distanbun Lebak,” kata Herdin kepada wartawan, Rabu (19/7/2017).

BACA :  Prita Dapatkan Putusan Bebas MA

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak, Yuntani mengatakan, dari 1.022 hektare sawah yang terkena hama wareng, hanya 10 persen yang terkena puso atau sekitar 148 hektare sawah.

“Itu tidak berpengaruh terhadap capaian produksi, sebab distan juga berhasil mengendalikan ribuan hektare sawah agar tidak ikut puso,” ujarnya.

Menurutnya, penyerangan wareng batang coklat tersebut, sudah terjadi sejak bulan Ramadan dan berhasil dikendalikan. Bahkan, dari 148 hektare sawah yang puso, sekitar 55 hektar mendapatkan pergantian dari jasa asuransi Jasindo.

“Yang 55 hektar di Wanasalam dapat pergantian dari Jasindo karena memang mendaftarkan sawahnya di AUTP,” jelasnya.(Zie)

BACA :  Magang di RSUD Lebak, Mahasiswa Harus Bayar Rp25 Ribu/Hari



Advertisement
Click to comment

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh