DPMP3AKB Tangsel Evaluasi P2WKSS Jelang Monitoring Pemprov

Date:

Tangsel – Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan melakukan monitoring dan pembinaan terhadap wilayah binaan yang masuk dalam program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Tangerang Selatan (Tangsel).

Tahun ini, pembinaan dilakukan di wilayah Pamulang Barat dan Timur, Kecamatan Pamulang.

Guna mempersiapkannya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Tangsel melakukan evaluasi, Selasa (25/7/2017).

“Untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan keahlian sesuai minat dan bakat, serta mengangkat keluarga pra sejahtera menjadi sejahtera,” kata Kabid Pemberdayaan Perempuan DPMP3AKB Tangsel, Yuspinah, di sela kegiatan.

Ia menjelaskan, evaluasi guna sinkronisasi data yang sebelumnya telah diserahkan untuk melihat apakah sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Ada beberapa komponen evaluasi P2WKSS diantaranya, kelengkapan administrasi, peningkatan peranan wanita, pertumbuhan nilai ekonomi, perubahan pola sikap dan pola tindak yang lebih baik setelah adanya program P2WKSS.

“Kita ingin evaluasi ini dilakukan semakin bagus, bukan bagus saat lomba saja tapi selamanya,” ujarnya.

DPMP3AKB telah mendata 100 Kepala Keluarga (KK) binaan di Pamulang Barat dan Timur. Sasarannya rumah tangga dengan kategori miskin yang nantinya difasilitasi agar menjadi mandiri.

Ketua TP-PKK Tangsel, Tini Indrayanthi Benyamin Davnie menjelaskan, evaluasi tersebut merupakan momen yang tepat meningkatkan motivasi masyarakat agar lebih meningkatkan partisipasi, mewujudkan keluarga berkualitas, sehat sejahtera baik lahir maupun batin, serta mewujudkan ketahanan keluargaa

“Sehingga, keluarga bisa menjadi anggota keluarga yang lebih baik,” katanya.

Pamulang menjadi salah satu wilayah binaan P2WKSS melalui mekanisme dan sesuai dengan kriteria program, diantaranya, keluarga yang kurang memenuhi standar kesehatan, masyarakat yang masih membutuhkan perhatian pemerintah dalam bidang pendidikan, dan kurangnya kesadaran dalam masyarakat PHBS.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...