Connect with us

METROPOLITAN

Airin Raih Penghargaan Kepala Daerah Inovatif

Published

on

Tangsel – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraihpenghargaan sebagai kepala daerah inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Penghargaan diserahkan langsung Mendagri Tjahjo Kumolo, di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (1/8/2017) malam.

“Penghargaan ini jadi motivasi untuk terus memberikan pelayanan lebih baik lagi. Meningkatkan inovasi, menggunakan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik,” kata Airin.

Penghargaan tersebut diterima Airin berkat optimalisasi pelayanan masyarakat dengan meluncurkan aplikasi Sistem Pelaporan dan Penugasan Tangsel (Siaran Tangsel).

Aplikasi pengaduan resmi online ini mampu mengakomodasi berbagai keluhan masyarakat mulai dari masalah banjir, PKL hingga jalan rusak. Aplikasi berbasis Android ini bisa diunduh melalui Google Play Store.

Airin menjelaskan, melalui Siaran Tangsel, pemkot akan mendapatkan informasi secara langsung dari masyarakat dan ditindaklanjuti oleh SKPD terkait

BACA :  Desa Bojongmanik Pandeglang Terisolir, Korban Banjir Butuh Perahu Karet

“Aplikasi ini memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan menjadi lebih singkat. Kemudian memangkas jarak. Masyarakat memiliki akses langsung untuk berinteraksi dengan pemerintah tanpa harus mobilisasi secara fisik,” paparnya.

“Dari aplikasi tersebut, saya pun bisa melihat sudah sejauh mana tindak lanjut laporan dari masyarakat. Jadi, memudahkan saya melakukan monitoring,” sambung Airin.

Inovasi yang dilakukan kepala daerah merupakan salah satu kunci suksesnya pembangunan di daerah. Tanpa inovasi, pembangunan di daerah akan jalan di tempat.

“Di sisi lain, inovasi akan membuat penyerapan anggaran di daerah tidak saja untuk pos-pos rutin saja, sehingga fokus dalam hal inovasi saya kira sangat penting. Jangan sampai penyerapan anggarannya bagus hanya untuk program rutin dan tidak ada inovasi. Nantinya manfaatnya anggaran tidak akan dirasakan oleh masyarakat,” jelas Tjahjo.(Nda)

BACA :  Aksi Pencurian dan Kekerasan di Tangsel Tinggi, Tujuh Penjahat Ditembak Mati selama 2018



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler