Anggaran Terbatas, Sejumlah Program Pemkab Pandeglang Tahun 2017 Belum Optimal

Date:

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menetapkan 7 program prioritas di tahun 2018. Ketujuh program tersebut telah dimasukkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, beberapa program yang dicanangkan pada tahun 2017 akan diselipkan ke dalam program di tahun 2018.

Hal tersebut dikarenakan beberapa program di tahun 2017 yang berkaitan dengan pelayanan dasar masyarakat belum berjalan optimal karena anggaran yang terbatas.

“Anggaran kita kan terbatas. Keterbatasan itu jadi belum bisa menyeluruh sehingga perlu sustainable, berkelanjutan. Kami selesaikan secara bertahap, seperti misalnya apakah nanti diselesaikan dengan membuat per zona. Karena memang Tidak bisa sekaligus,” terang Irna, ditemui usai sosialiasi surat edaran tentang pedoman penyusunan RKA SKPD TA 2018, di pendopo bupati, Selasa (5/9/2017).

BACA JUGA: Pemkab Pandeglang Borong Tiga Mobil Mewah

Tujuh program prioritas Pemkab Pandeglang di tahun 2018 tersebut meliputi, pelayanan dasar infrastruktur, optimalisasi Sumber Daya Alam (SDA), peningkatan daya saing daerah, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, pengentasan desa tertinggal, serta perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Dalam tata kelola pemerintahan, secara administrasi mereka harus mempertanggungjawabkan, transparan, dan akuntabel sehingga tidak ada temuan dari pemeriksa eksternal,” kata Irna.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Kurnia Satriawan menjelaskan, pada RKA tahun 2018 pihaknya menekankan agar OPD yang bersinggungan dengan infrastruktur untuk menyiapkan perencanaan teknis pada APBD Perubahan 2017.

“Untuk pembangunan di tahun 2018, kami minta didetailkan sekarang dalam RKA. Lalu perencanaan teknis dimasukkan di perubahan. Tujuannya, agar memitigasi risiko kalau misalnya di 2018 perecanaan dan pelaksanaan dilakukan pada saat bersamaan,” tuturnya.(Nda)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...