Connect with us

METROPOLITAN

Anggaran Terbatas, Sejumlah Program Pemkab Pandeglang Tahun 2017 Belum Optimal

Published

on

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menetapkan 7 program prioritas di tahun 2018. Ketujuh program tersebut telah dimasukkan dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, beberapa program yang dicanangkan pada tahun 2017 akan diselipkan ke dalam program di tahun 2018.

Hal tersebut dikarenakan beberapa program di tahun 2017 yang berkaitan dengan pelayanan dasar masyarakat belum berjalan optimal karena anggaran yang terbatas.

“Anggaran kita kan terbatas. Keterbatasan itu jadi belum bisa menyeluruh sehingga perlu sustainable, berkelanjutan. Kami selesaikan secara bertahap, seperti misalnya apakah nanti diselesaikan dengan membuat per zona. Karena memang Tidak bisa sekaligus,” terang Irna, ditemui usai sosialiasi surat edaran tentang pedoman penyusunan RKA SKPD TA 2018, di pendopo bupati, Selasa (5/9/2017).

BACA :  Jangan Gunakan Air Sungai Ciujung! DLH Kabupaten Lebak: Pencemarannya Mengancam Kesehatan

BACA JUGA: Pemkab Pandeglang Borong Tiga Mobil Mewah

Tujuh program prioritas Pemkab Pandeglang di tahun 2018 tersebut meliputi, pelayanan dasar infrastruktur, optimalisasi Sumber Daya Alam (SDA), peningkatan daya saing daerah, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, pengentasan desa tertinggal, serta perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Dalam tata kelola pemerintahan, secara administrasi mereka harus mempertanggungjawabkan, transparan, dan akuntabel sehingga tidak ada temuan dari pemeriksa eksternal,” kata Irna.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang Kurnia Satriawan menjelaskan, pada RKA tahun 2018 pihaknya menekankan agar OPD yang bersinggungan dengan infrastruktur untuk menyiapkan perencanaan teknis pada APBD Perubahan 2017.

“Untuk pembangunan di tahun 2018, kami minta didetailkan sekarang dalam RKA. Lalu perencanaan teknis dimasukkan di perubahan. Tujuannya, agar memitigasi risiko kalau misalnya di 2018 perecanaan dan pelaksanaan dilakukan pada saat bersamaan,” tuturnya.(Nda)

BACA :  Saksi Beberkan Modus Manajer Finance PT Hand Sum Tex Gelapkan Uang Rp 14,5 M sejak 2009



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler