Dharma Wanita PDAM Tirta Benteng Gelar Penyuluhun Kanker Serviks

Date:

Tangerang – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang menggelar penyuluhan tentang bahaya dan mencegah kanker serviks atau kanker leher rahim, Jumat (15/9/2017).

Penyuluhan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang tersebut diikuti oleh puluhan anggota DWP dan turut dihadiri pula Ketua DWP Kota Tangerang Ani Sriwahyuni Dadi Budaeri.

Ketua DWP Unit PDAM Tirta Benteng Lies Sumarya mengatakan, pengetahuan tentang bahaya dan cara mencegah kanker serviks sangat penting diketahui oleh kaum perempuan, khususnya para anggota DWP.

“Kesehatan merupakan investasi yang paling terbesar yang kita miliki, khususnya perempuan. Untuk itu, kita pilih materi ini yang memang berkaitan dengan kesehatan perempuan,” ujar Lies.

Selain memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kanker serviks kepada anggota DWP, penyuluhan tersebut diharapkan meningkatkan sinergi antara DWP Kota Tangerang dengan DWP Tirta Benteng untuk mewujudkan visi misi DWP.

“Ini kegiatan yang sangat positif apalagi partisipasi anggotanya juga bagus. Saya berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilakukan dan saya berharap pula para anggota DWP menjaga leher rahim dengan melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA test,” papar Ani.

Dikutip dari alodokter.com, kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung mepengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Namun, meski terjadi pendarahan, belum berarti seseorang menderita kanker serviks.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Pemindah-tanganan Aset Karantina Hewan Pemkab Tangerang yang Kini Diduga Dikuasai Pengembang Masih Misterius

Berita Tangerang - Proses pemindah-tanganan aset milik Pemkab Tangerang...