Connect with us

METROPOLITAN

Gempa 5 SR Guncang Pandeglang, Tidak Berpotensi Tsunami

Published

on

Pandeglang – Gempa berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang. Gempa yang terjadi pada Selasa (26/9/2017) pukul 01.00 WIB dini hari tersebut tidak berpotensi tsunami.

 

BACA JUGA: Gempa 6 SR Guncang Perbatasan Lebak-Pandeglang

Keterangan BMKG, pusat gempa berada pada kedalaman 162 km dengan lokasi gempat berada di 6.40 LS dan 106.15 BT, 8 km tenggara Pandeglang.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Sutiyono menuturkan, gempa tersebut termasuk dalan gempa tektonik yang berada di lempengan Eurasia-Australia. Gempa ini dianggap tidak berbahaya, karena guncangannya pun tidak terasa di daratan.

“Itu gempa tektonik, lempengan Eurasia-Australia, bukan vulkanik berbeda dengan gunung berapi. Jaraknya juga jauh dan kekuatannya tidak bisa membangkitkan tsunami,” terang Sutiyono saat dihubungi.

BACA :  Pemkab Diminta Segera Realisasikan Pos Damkar di Lebak Selatan

BACA JUGA: Gempa Sukabumi Dirasakan Hingga ke Lebak, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Ia mengimbau warga tidak tidak panik. Meski begitu, pihaknya tetap meminta warga waspada, lantaran di lempengan terbesar ketiga di dunia itu kerap menimbulkan gempa meski dengan skala kecil.

“Sampai saat ini belum ada kabar kerusakan. Kami minta, jangan panik, biasa saja beraktivitas. Daerah itu memang sering terjadi gempa, biasanya berkekuatan 3,5 sampai 5,0 SR. Selatan Pulau Jawa memang rawan gempa,” paparnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Pandeglang Dadi Supriyadi menyampaikan, tidak ada kerusakan baik rumah maupun sarana prasarana akibat gempa tersebut.

“Tidak ada kerusakan. Itu kan titik gempanya jauh dari daratan. Tetapi saat ini kami terus berkoordinasi dengan BMKG,” katanya.(Nda)

BACA :  Usaid Sumbang 8 Juta Buku Bacaan ke Indonesia



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler