Connect with us

METROPOLITAN

DPMPD Pandeglang: Pendaftaran Calon Kades Gratis, Ada Pungutan Laporkan!

Published

on

Pandeglang – Sebanyak 416 orang mendaftar sebagai calon kepala desa (cakades) untuk pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 108 desa di Kabupaten Pandeglang.

BACA JUGA: November, 108 Desa di Pandeglang Gelar Pilkades Serentak

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Pandeglang Taufik Hidayat mengatakan, tidak ada pungutan biaya apapun pada proses pendaftaran cakades karena sudah ditopang oleh Alokasi Dana Desa (ADD). Anggaran masing-masing desa variatif, Rp30-Rp40 juta.

“Pendaftaran ini gratis tidak ada pungutan sama sekali. Tidak ada alasan biaya pilkades kurang karena pihak desa sudah menghitung. Kalau memang nanti ada pungutan laporkan ke posko DPMPD,” kata Taufik, Senin (2/10/2017).

BACA :  Berani Pungli, Pegawai Disdukcapil Lebak Bakal Dimutasi

BACA JUGA: DPMPD Pandeglang Perpanjang Pendaftaran Calon Kepala Desa

Dari ratusan cakades tersebut, calon dengan latar belakang wiraswasta paling mendominasi, jumlahnya 304 orang. Sisanya, incumbent 30 orang, petani 16 orang, ibu rumah tangga 15 aorang, karyawan swasta 11 orang, PNS 6 orang dan lain-lain 34 orang.

Pandeglang – Sebanyak 416 orang tercatat mendaftar mengikuti Pemilihan Kepala Desa serentak di 32 Kecamatan Yang Ada di Pandeglang, Ratusan pendaftar itu berasal dari berbagai bidang pekerjaan.

“Mereka harus mengikuti tahapan seleksi, yakni seleksi administrasi, seleksi akademis. Setelah itu mengisi form pertanyaan lalu diakhiri dengan sesi wawancara,” terang Taufik.(Nda)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler