Ingin Tangerang Punya Oleh-oleh Khas, Kartini Buat Sepatu Bermotif Batik Khas Tangerang

Date:

Tangerang – Berwisata atau berjalan-jalan di Kota Tangerang tidak lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh bagi keluarga tercinta di Kota berjuluk Akhlakul Karimah ini. Di tempat ini, bisa di temukan berbagai jenis buah tangan mulai dari baju, celana hingga sepatu bermotif batik khas Kota Tangerang.

 

Salah satu pelaku usaha kecil yang mencoba peruntungannya lewat batik adalah Kristiani (30). Ia mengembangkan batik diberbagai media salah satunya sepatu. 

“Saya melihat batik Tangerang ini potensial untuk dipasarkan, motifnya yang menggambarkan kearifan lokal juga menarik perhatian masyarakat,” ujarnya, Senin (2/10/2017).

Meski belum dapat membatik di media kain sendiri, wanita yang akrab disapa Tini ini ingin membuat Kota Tangerang memiliki ciri khas tersendiri, utamanya dalam cindera mata. 

“Saya ingin menunjukan Tangerang ini punya apa?. Kebetulan saya tinggal di Tangerang, kalau umpamanya saya belum bisa membatik sendiri di kain, jadi kita bikin sepatu,” kata Tini.

Sepatu batiknya memiliki berbagai macam motif yang menggambarkan kearifan lokal. Bahkan, dirinya telah memasarkan produknya hingga ke mancanegara. 

“Kita buat motif khas yang ada di Kota Tangerang seperti motif pintu air 10, dayung, dan lain sebagainya, kita pasarkan ke Bogor, Makassar, Semarang, dan Malang, kalau ke luar negeri kita lewat Smesco ke Yunani dan Belgia,” tuturnya.

Tini mengaku dalam sehari dirinya bisa memproduksi hingga 40 pasang sepatu batik. Dirinya masih menerapkan sistem Pre-order untuk setiap pesanan sepatunya.

Dirinya berharap, batik di Tangerang Raya khususnya di Kota Tangerang dapat berkembang dan menjadi Oleh-oleh khas Tangerang bagi para wisatawan yang datang. 

“Batik Kota Tangerang harus menjadi salah satu ciri khas Kota Tangerang, terutama bagi para wisatawan yang datang, selama ini kan tidak ada Oleh-oleh yang bisa dibawa oleh wisatawan,” tandasnya. 

Jika anda ingin berminat mengoleksi salah satu Sepatu batik lukis atau untuk membawa pulang sebagai cindera mata untuk orang tercinta, anda bisa datang ke Perumahan taman buah sukamantri Blok AC4 No. 17 Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...