Usia 17 Tahun Provinsi Banten, Gubernur Wahidin Ajak Masyarakat Bersyukur

Date:

Gubernur Banten Wahidin Halim. (Dok. Banten Hits/Mahyadi)

Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengajak masyarakat bersyukur atas berbagai keberhasilan yang diraih Provinsi Banten di usianya yang ke-17 tahun. Beberapa keberhasilan yang dimaksud WH adalah pengelolaan keuangan Tahun Anggaran 2016 yang mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

BACA JUGA: HUT ke-17 Provinsi Banten, Mahasiswa Unras di Gedung DPRD

Begitu pula pada nilai investasi. Pada semester I 2017, realisasi investasi mencapai Rp20,4 triliun dan angka produksi gabah kering giling mencapai 2,35 juta ton.

“Patut kita syukuri Banten menunjukkan berbagai keberhasilan yang menjadi kebanggaan kita bersama. IPM Banten tumbuh mencapai 70,96 persen pada tahun 2016 sehingga menjadikan Banten sebagai daerah berkategori IPM tinggi,” kata WH saat rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka peringatan HUT ke-17 Provinsi Banten, di Gedung DPRD Banten, Rabu (4/10/2017).

BACA JUGA: Penduduk Miskin di Banten Bertambah 17.300 Orang

Keberhasilan lainnya sambung WH adalah pertumbuhan ekonomi Banten pada semester I tahun 2017 mencapai 5.52%, jauh di atas capaian nasional 5.01%.

“Angka pengangguran terbuka 7,75%, angka ini terendah sepanjang Provinsi Banten berdiri,” ujarnya.

Dengan jumlah penduduk 12,2 juta jiwa, Banten diakui memiliki akar masalah utama yaitu ketimpangan pembangunan antara Banten utara dan Banten selatan. Pendapatan per kapita Kota Cilegon mencapai Rp195 juta, sementara Kabupaten Lebak hanya sebesar Rp17,3 juta dan Kabupaten Pandeglang hanya Rp17,9 juta. Begitu juga IPM Tangerang Selatan 80,11 persen sementara IPM Lebak tidak lebih dari 65 persen.

BACA JUGA: Ketua MPR Sebut Kemiskinan dan Pengangguran di Banten Tinggi

“Peran kita sangat vital untuk mengurangi ketimpangan dan meningkatkan kesejahteraan Banten secara lebih adil dan merata, mengingat fungsinya tidak hanya sebagai pimpinan daerah otonom tapi juga wakil pemerintah pusat di daerah sebagaimana tercantum dalam UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut WH menilai, Banten memiliki modal lebih dari cukup untuk menjadikan rakyatnya sejahtera. Dilihat dari akar sejarah, salah satu kerajaan tertua di nusantara yaitu kerajaan Salakanagara pernah berdiri di Banten, Kesultanan Banten di era kejayaannya meliputi Banten, Jakarta, Lampung dan Bogor.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...