Kemensos Buka Rekrutmen 16 Ribu Pendamping PKH

Date:

Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) membuka rekrutmen 16.092 tenaga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH). Rekrutmen untuk mengantisipasi perluasan jangkauan PKH pada bulan Oktober dan mengimbangi penambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sebanyak 10 juta pada tahun 2018.

Terdiri dari 14.227 orang pendamping sosial, 877 orang pekerja sosial supervisor, 607 orang administrator database, dan 172 asisten pendamping (TKSK). Kebutuhan formasi sudah diumumkan di laman kemsos.go.id.

“Peran pendamping sangat vital karena menentukan keberhasilan program PKH di masyarakat,” ujar Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos, Harry Hikmat, dalam keterangan persnya, Sabtu (7/10/2017).

BACA JUGA: Kemensos Tambah 82 Ribu KPM Baru di Banten

Menurutnya, dengan penambahan jumlah KPM dianggap tidak realistis dengan jumlah pendamping yang ada saat ini dengan diberikan tambahan tugas melayani KPM baru.

Pendaftaran, menggunakan aplikasi berbasis android dengan nama “Seleksi SDM PKH Tahun 2018” mulai 9 Oktober 2017 pukul 00:00 WIB. Selain itu, Kemensos juga akan merekrut 193 koordinator kabupaten/kota, 9 koordinator wilayah, dan 7 orang koordinator regional.

BACA JUGA: Mensos Berharap PKH Mampu Kurangi Kemiskinan di Pandeglang

Persyaratannya, untuk pendamping sosial minimal pendidikan Diploma III/IV/S1 pada rumpun ilmu-ilmu sosial, diutamakan jurusan Pekerjaan sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial. Sedangkan persyaratan untuk pekerja sosial supervisor Diploma III/IV/S1 Ilmu Pekerjaan Sosial/Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Pekerja sosial supervisor PKH merupakan inisiatif baru untuk memastikan pelaksanaan Family Development Session berkualitas sesuai dengan prinsip-prinsip praktik Pekerjaan Sosial bersama Keluarga dan Anak (Social Work with Family and Children). Selain itu mereka juga bertugas merespon pengaduan masyarakat dan Cases Management termasuk konseling keluarga.

BACA JUGA: BRI: Penyaluran Bantuan PKH di Lebak 93%

Harry menambahkan, pada rekrutmen pendamping PKH 2016 dengan latar belakang pendidikan pekerjaan sosial terpilih sebanyak 3.679 orang dari 8.700 pendamping baru yang sudah bekerja di seluruh Indonesia.

BACA JUGA: Pendamping Jamsos dan PKH di Pandeglang Diduga Rangkap Jabatan

Menurutnya jenjang karir fungsional dalam PKH cukup bagus. Selain menjadi supervisor, bisa menjadi koordinator kabupaten/kota, koordinator wilayah, koordinator regional dan tenaga ahli pekerjaan sosial.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...