Timpora Cilegon Periksa Dokumen Puluhan Pekerja Asal Korea

Date:

Cilegon – Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) Kota Cilegon memeriksa kelengkapan dokumen Warga Negara Korea Selatan yang tinggal di Apartemen Sunrise, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Selasa (10/10/2017).

Tim yang terdiri dari unsur imigrasi, polres, TNI, disdukcapil dan disnaker tiba di apartemen sekitar pukul 10.00 WIB. Petugas langsung memeriksa satu per satu dokumen dari puluhan WNA yang kebanyakan merupakan pekerja di PT Krakatau Posco.

BACA JUGA: Pengawasan TKA Dinilai Lemah, Imigrasi Cilegon Diduga ‘Main Mata’ dengan Pengusaha

Pemeriksaan yang dilakukan petugas meliputi dokumen kelengkapan WNA seperti Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (Imta) dan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT).

“Kita lakukan pemeriksaan di tempat tinggal mereka, yang kita dapati adalah masalah keimigrasiannya sudah lengkap, tinggal administrasi yang lain seperti dari disdukcapil dan disnaker,” kata Kasubsi Pengawasan Kantor Imigrasi Kelas II Cilegon, Wira Zulfika.

Pengawasan terhadap WNA akan dilakukan secara rutin mengingat keberadaannya yang semakin banyak seiring dengan perkembangan perusahaan di kota baja tersebut.

BACA JUGA: Selama 2016, WN Cina Paling Banyak Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta

“Pengawasan akan kita tingkatkan, terutama di tempat-tempat yang memang banyak dihuni WNA,” jelasnya.

Kepala Disdukcapil Cilegon, Soleh memastikan, sanksi tegas akan diberikan kepada WNA yang belum dokumen administrasi sesuai aturan yang ditentukan.

“Kalau salah satunya tidak dilengkapi, maka pihak perusahaan harus mengurusnya. Bila tidak, bisa dikenakan sanksi. Hanya, kewenangan kami hanya pada SKTT-nya saja, ini (SKTT) KTP-nya WNA,” katanya.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Lakalantas di Depan Ruko Barcelona Rawa Mekar Jaya Serpong, Dua Orang Luka

Berita Tangsel - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan...