Laboratorium Halal di Kota Tangerang Ditarget Beroperasi Tahun 2018

Date:

Tangerang – Gedung Laboratorim Daerah (Labkesda) yang kini tengah dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang ditarget beroperasi pada akhir tahun 2017. Dari siaran pers Humas Pemkot Tangerang yang diterima Banten Hits, Labkesda juga akan dilengkapi dengan laboratorium halal layaknya laboratorium halam milik Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

“Mudah-mudahan November atau Desember bisa beroperasi,” kata Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, saat meninjau progres pembangunan Gedung Labkesda, di Komplek Masjid Raya Al Azhom, Rabu (11/10/2017).

“Selama inikan antrean di laboratorium halal punya MUI itu banyak banget perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi halal. Kalau ada di Kota Tangerang ini akan jauh lebih mudah aksesnya,” terang Arief.

Laboratorium halal juga bisa digunakan untuk proses sertifikasi hasil olahan pangan yang diproduksi oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga bisa membantu menggerakkan pelaku UMKM di Kota Tangerang.

Sementara itu, Kepala UPTD Labkesda Kota Tangerang dr. Lulik menyampaikan, labkesda terdiri dari 3 jenis laboratorium, yaitu laboratorium klinik, makanan dan minuman dan lingkungan.

“Karena alat laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang berfungsi sebagai penganalisa kehalalan suatu produk baru dianggarkan di tahun 2018, jadi mungkin untuk laboratorium halalnya baru bisa beroperasi di tahun 2018,” paparnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan segera melakukan uji fungsi, set up ruangan, pelatihan dan pendukung operasionalnya.

“Kita mulai bergerak awal November, kita sudah bisa membuka layanan kepada masyarakat, dan ke depannya akan ada pengembangan hingga 95 pemeriksaan yang bisa dilaksanakan di labkesda, termasuk di dalamnya pengembangan untuk pemeriksaan udara, kebisingan dan pencahayaan,” bebernya.(Nda)

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...