Connect with us

METROPOLITAN

Imigran Gelap yang Terjaring Razia di Apartemen Modernland Ngaku Pengungsi UNHCR

Published

on

Tangerang – Petugas gabungan dari Imigrasi, BNN dan Kesbangpol Kota Tangerang 19 imigran asal Nigeria di Apartemen Modernland, Jalan Hartono Raya, Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Selasa (8/11/2017).

 

WNA tersebut mengaku sebagai pengungsi yang dibawa oleh organisasi United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), sebuah organisasi untuk pengungsi dibawah naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Mereka semuanya menunjukan surat pengantar dari UNHCR, tapi hanya ada photocopy saja, aslinya tidak ada,” ungkap Achmad Dimyati, Kasie Ketahanan Bangsa dan Masyarakat Kesbangpol Kota Tangerang.

BACA JUGA : Belasan WNA Gelap Terjaring Razia Petugas di Apartemen Modernland Tangerang

Mereka beralasan, dokumen aslinya berada di agen yang membawa mereka untuk tinggal di apartemen tersebut. Tak lantas percaya, petugas pun membawa para WNA tersebut ke kantor Imigrasi untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. 

“Katanya dokumen aslinya dipegang sama agen yang bawa mereka, makanya kita ingin cek lagi kebenarannya, apakah ini modus penyelundupan orang atau bagaimana,” kata Dimyati.

Dimyati pun menegaskan, sesuai aturan yang ada, jika pengungsi dibawah naungan UNHCR akan ditampung tak jauh dari kantor organisasi tersebut. 

“Itu kan kantornya di Tangsel ya, seharusnya ketika mereka memang pengungsi, maka tidak boleh jauh dari pengawasan, apalagi mereka ini tinggal Sendiri-sendiri, lain lagi kalau mereka tinggal satu keluarga di rumah kontrakan,” tandasnya.(Zie)

Trending