Connect with us

METROPOLITAN

Digelar di ICE BSD, Banten Expo 2017 Pajang Golok Terbesar di Dunia

Published

on

Serang – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten akan menggelar Banten Expo 2017. Event tahunan ini akan diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangeranga, 16-18 November 2017.

Selain menampilkan program-program pembangunan dan bidang pelayanan masyarakat, event ini juga akan memamerkan produk-produk UMKM dan menjadi ajang promosi wisata di Banten, Banten Expo juga akan menyajikan berbagai acara dan pertunjukan pentas seni khas Banten.

Salah satu yang sepertinya akan menjadi pusat perhatian di event tersebut adalah, turut dipamerkannya Golok Ciomas. Golok yang dinamakan Golok Salam Nunggal ini merupakan golok terbesar dan terpanjang di dunia. Golok Ciomas memiliki panjang 7 meter dan lebar 40 centimeter. Selain itu pembukaan Banten Expo akan dimeriahkan pula dengan membunyikan 1.000 kolotok Baduy.

BACA :  Prediksi Tsunami, Hotel di Kawasan Wisata Anyer Sepi Pengunjung

“Rangkaian kegiatannya sendiri masih kita konsep akan seperti apa, nanti kita share,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Babar Suharso dalam keterangan tertulis yang diterima Banten Hits, Kamis (9/11/2017).

Pemrakarsa Golok Ciomas Muhaimin Soleh mengatakan, Golok Ciomas merupakan bagian dari sejarah Banten yang perlu dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

“Alhamdulillah dengan hadirnya Golok Ciomas di Banten Expo menunjukkan adanya kepedulian dari teman-teman dan anak-anak abah yang cinta akan sejarah untuk bersama-sama menghidupkan dan melestarikan sejarah,” kata pria yang akrab disapa Abah Umin ini.

Menurutnya, Banten Expo menjadi sarana memperkenalkan warisan leluhur Banten kepada generasi milenial agar tidak lupa dengan sejarah dan budaya daerah karena tergerus moderenisasi.

BACA :  Rumah Dua Lantai di Perum Mulya Asri Tangerang Ternyata 'Pabrik' Ekstasi; Pernah Terdengar 'Tok-tok' saat Tengah Malam

“Jika tidak diperkenalkan secara terus-menerus, Golok Ciomas dan sejarah serta budaya lainnya bisa tenggelam. Tentu saja, nilai-nilai kearifan lokal di Banten harus terus kita jaga dan lestarikan,” imbaunya.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler