Bupati Tatu Berharap Lima Tahun Pelanggan PDAM Tirta Albantani 62.500

Date:

 

Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap pelanggan PDAM Tirta Albantani naik menjadi 62.500 pelanggan dalam lima tahun ke depan, setelah perusahaan daerah tersebut menerapkan sistem pengembangan air minum (SPAM) melalui sistem Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Dengan sistem seperti ini, PDAM tirta albantani bisa menyediakan kebutuhan air baku sebesar 1.257 liter/detik pada akhir tahun 2022, serta tidak lagi ketergantungan dengan saluran irigasi pamarayan barat dan timur.

Pernyataan tersebut disampaikan Tatu saat memberikan sambutan dalam kegiatan rencana pengembangan air minum PDAM Tirta Albantani melalui KPBU di Hotel Ratu, Kota Serang, Senin (13/11/2017).

Menurut Tatu, setelah diterbitkannya peraturan Presiden RI  nomor 38 tahun 2015 tentang kerjasama pemerintah dengan badan usaha dalam penyediaan infrastruktur, maka perusahaan daerah air minum (PDAM) selaku badan usaha milik daerah (BUMD) penyelenggara dapat menjadi penanggungjawab proyek kerjasama (PJPK) dalam kerjasama pemerintah dengan badan usaha. 

“Sedangkan dalam sektor air minum, telah terbit peraturan pemerintah nomor 122 tahun 2015 tentang SPAM yang memperbolehkan adanya kerjasama penyelenggaraan SPAM antara BUMN/BUMD dengan badan usaha swasta dengan prinsip tertentu,” kata Tatu melalui siaran pers Humas Pemkab Serang.

Tatu melanjutkan, PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang sebagai salah satu BUMD Kabupaten Serang selalu berupaya memberikan pelayanan air bersih dengan baik kepada masyarakat, dengan melakukan perbaikan kebocoran dan optimalisasi sistem penyediaan air bersih dan air baku sebagai bahan pokok. Namun, 90 %  air baku ketergantungan dengan saluran irigasi Pamarayan Barat dan Timur.

“Guna mencapai hasil yang optimal dalam pelaksanaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), diperlukan sumber daya manusia yang andal, yang mampu melakukan penanganan dan pengawasan pengadaan dan pelaksanaan KPBU dapat melakukan usaha yang menarik investor untuk mengelola pelayanan umum di daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kabupaten Serang Wahyu Prihantono  menjelaskan, saat ini jumlah pelanggan PDAM Tirta Albantani sebanyak 30.979 unit, tersebar di 25 kecamatan Kabupaten Serang dan dua kecamatan Kota Serang.

“Untuk  cakupan pelayanan air melalui perpipaan, PDAM Tirta Albantani baru  mencapai 12.4 %, sehingga ketinggalan dari target ang dicanangkan pemerintah pusat, yaitu sebesar 80 %  per kota,” katanya.

Selain itu, Wahyu juga mengaku, pelayanan PDAM Tirta Albantani mempunyai kapasitas desain  888 liter/detik, dan baru digunakan 492 liter/detik. Sehingga  kapasitas yang tidak dimanfaatkan untuk produksi sebesar 447 liter/detik.

“Oleh karena itu, diperlukan penyusunan program sebagai arah dalam perkembangan dan perbaikan perusahaan dengan mengajak badan usaha untuk melakukan kerjasama dalam pembangunan infrastruktur air minum di kabupaten serang,” katanya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...