Hadapi Anak Masa Kini, Orang Tua Diminta Update

Date:

Tangerang – Anak zaman sekarang jauh berbeda dengan zaman 70-90’an. Anak zaman sekarang mempunyai pola pikir yang lebih cepat dewasa. Tentu saja cara merawat dan mengasuhnya berbeda dengan zaman Anda dibesarkan dulu. Hal tersebut memaksa orang tua sekarang harus lebih update dari sang anak, agar bisa mengontrol prilaku sang buah hati.

 

Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Banten III, Marinus Gea mengatakan, tantangan orang tua dalam mendidik anak lebih rumit seiring dengan pesatnya revolusi dunia digital, ia pun menghimbau setiap orang tua untuk ‘up to date’ dengan dunia digital dan ilmu pengetahuan. 

Dihadapan ratusan peserta yang didominasi ibu-ibu tersebut, ia pun memberikan saran agar setiap keluarga memiliki anak yang cerdas dan berkualitas.

“Satu Karakter, karena ini bukan bawaan lahir, namun dibentuk melalui pendidikan kepada anak sejak kecil, melalui pembiasaan,” kata politisi PDI Perjuangan ini, dalam sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif 2017 yang dihelat Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di halaman Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Kamis (16/11/2017).

Ia menambahkan, pembangunan karakter tersebut harus berkesinambungan. Anak terus didampingi sampai beranjak dewasa.

“Saat anak beranjak remaja, sudah terbentuk karakter yang baik dan tangguh, karakter tersebut berupa tata krama, sopan santun dan menyadari hakekatnya sebagai seorang anak,” tambahnya.

Pada fase anak telah menjadi remaja, orang tua harus semakin intens membangun komunikasi. Komunikasi tersebut menurutnya harus membuat anak merasa nyaman, penuh rasa percaya diri dan merasa aman.  Sehingga ketika berkomunikasi dengan orang tua, setiap remaja tersebut merasa senang.

“Sehingga ketika seorang remaja akan melakukan tindakan tidak baik, dia sadar bahwa tindakan tersebut salah,” tuturnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...