59 Kapal Penyeberangan Merak-Bakauheni Laik Laut

Date:

Cilegon – Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kemenhub melakukan uji petik (ramp check) terhadap kapal penumpang di 14 pelabuhan di seluruh Indonesia, salah satunya Pelabuhan Merak, Cilegon.

“Persiapan Natal dan tahun baru. Termasuk di seluruh UPT pelabuhan juga sudah melakukan ramp check,” kata Dirkapel, Junaidi kepada awak media seusai uji petik Kapal Jatra III, di Pelabuhan Merak, Rabu (13/12/2017). 

BACA JUGA: Ditjen Hubla Lakukan Ramp Check di Pelabuhan Merak

Hasil uji petik, 59 kapal penumpang yang melayani penyeberangan Merak-Bakauheni yang dilaporkan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten laik laut alias aman berlayar.

Namun, dari proses uji petik terhadap komponen dan alat keselamatan terdapat beberapa catatan yang masih harus diperbaiki.

‎”Semuanya masih laik laut. Tetapi ada catatan-catatan yang harus dilengkapi,” ujar Junaidi yang tidak membeberkan secara rinci catatan yang dimaksud.

BACA JUGA: Pelindo II Terapkan Sistem Pelayanan Digital

Kata Junaidi, jumlah kapal saat ini sudah mencukupi, terutama dalam melayani libur Natal dan tahun baru. Namun, terdapat tiga kapal yang tidak beroperasi dan enam kapal yang tengah dalam perbaikan (docking).

“Ada tiga yang tidak dioperasikan, kemudian enam kapal masih dalam kondisi naik dock, artinya masih direpair di galangan kapal.‎ Tetapi, saat angkutan Natal dan tahun baru akan digunakan untuk menunjang kelancaran penyeberangan,” pungkas Junaidi.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...