Connect with us

METROPOLITAN

Selama Lima Tahun, 761 Sanisek Dibangun di Tangerang

Published

on

Tangerang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) sudah merampungkan 761 pembangunan toilet untuk sekolah selama kurun waktu lima tahun. Ratusan sarana kesehatan bagi siswa tersebut merupakan pelaksanaan program sanitasi sekolah (Sanisek).

 

“Tahun 2013 sudah dibangun di 264 Sekolah Dasar (SD) masing-masing satu unit, sementara tahun 2014 sebanyak 175 sekolah masing-masing diberi dua unit ditingkat SMP, SMA/SMK, dan tingkat SD satu unit, tahun 2015 dibangun di 216 sekolah, 2016 di 68 sekolah 64 SD, 4SMP, dan 2017 ada 38 sekolah,” jelas Tim Sanitasi Kabupaten Tangerang, Imam Sutopo, Kamis (14/12/2017).

Imam mengungkapkan, seluruh sekolah yang dibangun Sanisek merupakan sekolah yang memiliki lahan yang cukup. Sementara sekolah yang tidak memiliki cukup lahan sesuai dengan prototype yang ada, nantinya akan disesuaikan. 

BACA :  Cerita Wakil Wali Kota Serang Pergoki ASN yang Kerjanya 'Jejorangan' di Kantor Kelurahan Sumur Pecung

“Untuk sekolah yang tidak memiliki cukup lahan untuk dibuat Sanisek sesuai prototype yang ada, maka kita sesuaikan bangunannya dengan kondisi lahan. Ini juga akan kita nyatakan selesai karena sekolah yang tersisa, memang tidak ada lahan sama sekali untuk dibangun sarana seperti itu,” katanya.

Dirinya berharap, program Sanisek tidak hanya berhenti pada bangunan fisik yang ada, namun lebih kepada membudayakan hidup bersih dan sehat.

“Jadi diharapkan, setelah dibangun fisik, anak-anak dapat menanamkan bahwa MCK itu seperti yang ada di sekolah, bersih, nyaman, ada tempat untuk cuci tangan setelah buang air,” tuturnya.(Zie)



Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh