Puskesmas Kemiri Gelar Sosialisasi Bahaya dan Penanganan Difteri

Date:

Tangerang – Puskesmas Kemiri, Kabupaten Tangerang melakukan sosialisasi terkait pengenalan gejala penyakit difteri kepada masyarakat di aula Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Selasa (19/12/2017). Sosialisasi yang dihadiri juga Kepala UPT Puskesmas Kemiri, Camat Kemiri, Wakil Ketua MUI Kecamatan Kemiri dan Dewan Masjid Indonesia.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Kemiri tentang bahaya penyakit difteri yang sedang mewabah di berbagai wilayah Indonesia.

Kepala Puskesmas Kemiri Agus Mulyawan menjelaskan, bahwa penyakit Difteri menimbulkan beberapa gejala, diantaranya suara serak, tenggorokan terasa sakit, nyeri saat menelan, kesulitan untuk bernapas, demam dan menggigil.

“Jika masyarakat mengalami gejala tersebut, langsung datangi kami, kami akan memberikan faksin imunisasi secara gratis,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Kemiri Madisa mengingatkan, khususnya kepada Kepala Desa dan para Ketua Rt untuk mengimbau kepada masyarakatnya untuk segera melaporkan kepada puskesmas apabila ada yang terkena gejala difteri.

“Peran serta Kepala Desa san Ketua RT pun diperlukan dalam menanggulangi dan menangani penyakit difteri terhadap masyarakat,” tutupnya.

Untuk diketahui, penanganan penyakit difteri akan diberikan pengobatan anti difteri serum (ADS). Dosis yang diberikan bagi penderita pun sesuai rujukan, antibiotik selama 7-10 hari pun turut serta pihaknya berikan, penderita di anggap sembuh apabila sudah selesai masa pengobatan.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...