Banten Masih Harus Optimalkan Faktor Pendukung Daya Saing Ekonomi

Date:

Ekonomi Daerah
Foto: Istimewa

Serang – Pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif bisa tercapai melalui dukungan reformasi struktural yang perlu difokuskan pada dua elemen kunci pertumbuhan ekonomi, yakni mendorong pemenuhan berbagai faktor pedukung pertumbuhan khususnya infrastruktur dan pengembangan sektor ekonomi potensial yang berdaya saing tinggi.

Hal tersebut menjadi syarat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara merata di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi Banten yang masih menghadapi sejumlah tantangan ekonomi.

“Beberapa tahun terakhir, perekonomian Banten mampu tumbuh di atas rata-rata nasional dan memberi kontribusi besar khususnya di sektor manufaktur,” kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi saat menghadiri Rakor Pengembangan Ekonomi Daerah Provinsi Banten, di Kantor BI Wilayah Banten, Kamis (21/12/2017).

Namun, perekonomian Banten masih menghadapi sejumlah masalah yang juga terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Seperti menekan angka kemiskinan dan mengurangi ketimpangan.

“Tantangan lainya mengoptimalkan faktor pendukung daya saing ekonomi seperti, infrastruktur fisik dan SDM,” ucapnya.

Menurutnya, kombinasi pengembangan sektor potensial dan perbaikan infrastruktur diharapkan dapat menjadi solusi efektif bagi persoalan tersebut.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim mengharapkan, rakor menjadi semangat dalam mempercepat pembangunan di Banten. Tidak hanya mendorong, melainkan mempercepat progam yang dilakukan.

“Kita bersinergi tentang pentingnya mempercepat ekonomi Banten. Perhatian khusus dari Presiden untuk Banten. Makanya, pelaksanaan pembangunan harus segera diwujudkan,” kata Wahidin.

Enam hal penting disepakati dalam rakor tersebut dan akan diwujudkan dalam bentuk kebijakan yang konsisten dan bersinergi.

1. Mendorong kerja sama pemenuhan kebutuhan infrastruktur dasar pedesaan berupa penyediaan tenaga listrik, sarana dan prasarana fasilitas umum sosial antara lain: sekolah, rumah sakit, penyediaan air bersih dan
MCK kawasan pedesaan dan daerah wisata.

2. Mempercepat pembangunan infrastruktur yang mendukung tumbuhnya sektor ekonomi potensial. Beberapa proyek yang menjadi prioritas di Banten.

3. Mendorong berkembangnya sektor ekonomi potensial sebagai sumber pertumbuhan baru sesuai karakteristik daerah

4. Mendorong pengembangan sektor pariwisata

5. Mendorong pengembangan sektor pertanian dengan fokus pada upaya untuk meningkatkan nilai tambah hasil produk pertanian dan

6. Dalam rangka mendorong berkembangnya sektor industri berdaya saing tinggi, perlu memperkuat sisi hukum dan regulasi untuk menciptakan kepastian usaha, sehingga dapat menjaga tingkat investasi di Banten.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Setelah Sebatik Merambah Pasar Taiwan hingga Belanda, Kini Giliran Sepatu Lokal ‘Dorks’ Diekspor ke Senegal

Berita Tangerang - Sepatu-sepatu lokal di Kabupaten Tangerang yang...

Kata Pejabat Kemenko Perekonomian dan Bank Indonesia soal Inflasi dan Digitalisasi di Banten

Berita Banten - Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID...

Emang Boleh Ada Bolen Selegit ‘Ovenin’ Buatan Sri?

Berita Tangerang - Sri Yuningsih memberikan garansi tentang keunggulan...

bank bjb Kembali Dipercaya Jadi Penempatan RKUD Kota Tangsel

Berita Tangsel - bank bjb kembali dipercaya sebagai tempat...