Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Pandeglang Akan Ajukan Formasi Calon ASN

Published

on

PNS

Ilustrasi. PNS saat mengikuti apel Hari Kesadaran Nasional. (Banten Hits)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan kembali mengajukan formasi seleksi Calon Aparatur Negeri Sipil (CASN). usulan itu akan disampaikan ke Kementerian PAN-RB pada akhir Januari 2018.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, untuk mengusulkan formasi CASN, BKD harus melengkapi sejumlah persyaratan terlebih dahulu seperti analisis jabatan (Anjab) dan analisa beban kerja (ABK) terlebih dahulu.

Selain itu variabel Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018 juga harus dihitung agar komponen belanja pegawai berupa gaji ASN tidak melebihi 50 persen dari total APBD.

“Jika persyaratan itu telah ditempuh, selanjutnya BKD baru mengirimkan E-Formasi ke kementerian,” kata Fahmi, Rabu (27/12/2017).

BACA :  Dua Kurir Pembuang Jasad Mayat dalam Karung di Pandeglang Diganjar Hukuman Seumur Hidup

Menurut Fahmi, pada Oktober lalu sebetulnya BKD sudah menyampaikan e-Formasi sebanyak 687 pegawai, yang meliputi tenaga guru, kesehatan, dan tim teknis. Namun setelah melakukan konsultasi dengan kementerian, BKD diminta untuk melengkapi syarat-syarat lainnya.

“Pengajuan alokasi ASN tahun mendatang akan diprioritaskan bagi tenaga non administrasi. Hal itu sejalan dengan imbauan KemenPAN-RB yang lebih mengutamakan tenaga ASN penunjang program Nawa Cita Presiden Jokowi,” jelasnya.

Selain menyiapkan syarat pengajuan e-Formasi, pihaknya juga akan fokus memperjuangkan tenaga honorer agar bisa dimasukan ke Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Karena informasinya, pada tahun mendatang, regulasi soal rekrutmen P3K akan disahkan oleh presiden dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP). Adapun dari catatan kami, saat ini ASN Pandeglang berjumlah 11.299 pegawai, 7.000an tenaga honorer, dan TKK sekitar 2.900an,” ungkapnya.

BACA :  Korban Keracunan di Carita Berangsur Membaik, Tersisa Dua Orang dalam Perawatan Medis

Namun Fahmi belum dapat memastikan pengajuan formasi yang disampaikan nanti akan diakomodir seluruhnya oleh pemerintah pusat. Hanya saja ia berharap, dari alokasi 212 ribu jatah CASN bagi Pemerintah Daerah ditahun mendatang, diantaranya diperoleh Pemkab Pandeglang.

“Kami tidak berharap semua diakomodir, tapi minimalnya ada kuota bagi Pandeglang,” harapnya.(Rus)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler