Pemkab Pandeglang Akan Ajukan Formasi Calon ASN

Date:

PNS
Ilustrasi. PNS saat mengikuti apel Hari Kesadaran Nasional. (Banten Hits)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan kembali mengajukan formasi seleksi Calon Aparatur Negeri Sipil (CASN). usulan itu akan disampaikan ke Kementerian PAN-RB pada akhir Januari 2018.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pandeglang Ali Fahmi Sumanta mengatakan, untuk mengusulkan formasi CASN, BKD harus melengkapi sejumlah persyaratan terlebih dahulu seperti analisis jabatan (Anjab) dan analisa beban kerja (ABK) terlebih dahulu.

Selain itu variabel Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2018 juga harus dihitung agar komponen belanja pegawai berupa gaji ASN tidak melebihi 50 persen dari total APBD.

“Jika persyaratan itu telah ditempuh, selanjutnya BKD baru mengirimkan E-Formasi ke kementerian,” kata Fahmi, Rabu (27/12/2017).

Menurut Fahmi, pada Oktober lalu sebetulnya BKD sudah menyampaikan e-Formasi sebanyak 687 pegawai, yang meliputi tenaga guru, kesehatan, dan tim teknis. Namun setelah melakukan konsultasi dengan kementerian, BKD diminta untuk melengkapi syarat-syarat lainnya.

“Pengajuan alokasi ASN tahun mendatang akan diprioritaskan bagi tenaga non administrasi. Hal itu sejalan dengan imbauan KemenPAN-RB yang lebih mengutamakan tenaga ASN penunjang program Nawa Cita Presiden Jokowi,” jelasnya.

Selain menyiapkan syarat pengajuan e-Formasi, pihaknya juga akan fokus memperjuangkan tenaga honorer agar bisa dimasukan ke Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Karena informasinya, pada tahun mendatang, regulasi soal rekrutmen P3K akan disahkan oleh presiden dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP). Adapun dari catatan kami, saat ini ASN Pandeglang berjumlah 11.299 pegawai, 7.000an tenaga honorer, dan TKK sekitar 2.900an,” ungkapnya.

Namun Fahmi belum dapat memastikan pengajuan formasi yang disampaikan nanti akan diakomodir seluruhnya oleh pemerintah pusat. Hanya saja ia berharap, dari alokasi 212 ribu jatah CASN bagi Pemerintah Daerah ditahun mendatang, diantaranya diperoleh Pemkab Pandeglang.

“Kami tidak berharap semua diakomodir, tapi minimalnya ada kuota bagi Pandeglang,” harapnya.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...