Connect with us

METROPOLITAN

Ledakan di PT Indorama Petrochemical, Bahan Kimia Hujani Permukiman Warga

Published

on

Bahan Kimia

Semburan bahan kimia PT Indorama Petrochemical. Bahan kimia berwarna putih juga menyebar ke permukiman warga. (Foto: Iyus Lesmana/Banten Hits)

Cilegon – Semburan bahan kimia berwarna putih pekat menyebar setelah ledakan keras yang terjadi di pabrik PT Indorama Petrochemical, Jumat (29/12/2017). Bahan kimia mirip debu dengan cepat menyebar dan menghujani permukiman warga di Lingkungan Rombongan Kelurahan Kepuh, Kecamatan Ciwandan, Cilegon.

“Saya kira hujan abu, tahunya bahan kimia,” kata Abdul Rofiq salah satu warga yang mengaku sebelumnya mendengar bunyi ledakan keras.

BACA JUGA: Ada Ledakan di Pabrik Indorama Petrochemical, Karyawan Kocar-kacir

Tidak hanya mengotori atap rumah warga dan lingkungan pabrik, debu yang diketahui merupakan purified terephthalic acid ( PTA) menyebabkan kondisi jalan di depan pabrik menjadi licin dan menimbulkan bau menyengat.

“Bentuknya mirip tepung, genteng putih semua. Susah dibersihin kayaknya, kulit juga gatal. Baru kali ini sih ada ledakan kayak gitu,” ungkapnya.

HR & Coorporate Affair PT Indorama Petrochemical, Malim Hander Joni menjelaskan, bahan kimia tersebut akibat gangguan di bagian produksi area Cristal leser perusahaan.

“Dari salah satu saluran pipa produk kita yang mau dikirim. Itu sudah jadi PTA sih. Itu blok, kan ada safety valve supaya tidak terjadi ledakan di pabriknya. Karena blok, ada katup yang terbuka secara otomatis. Itu di bak kontrolnya,” jelas Joni,

Polisi yang tiba di lokasi langsung melakukan pemeriksaan dan memasang police line.(Nda)

Trending