Connect with us

METROPOLITAN

Hari Terakhir Libur Akhir Tahun, Jalan Menuju Pantai Anyer dan Carita Macet

Published

on

Kemacetan

Petugas kepolisian Saat Mengatur lalulintas di Ciwandan.(Banten Hits/Iyus Lesmana)

Cilegon – Hari terakhir libur panjang perayaan tahun baru 2018, sejumlah ruas jalan menuju kawasan wisata Pantai Anyer dan Carita, Kabupaten Serang masih dipadati kendaraan-kendaraan pribadi yang datang dari berbagai daerah, Senin (1/1/2018).

Pantauan Banten Hits, pada pukul 15.00 WIB titik kemacetan ribuan kendaraan yang hendak menuju pantai dimulai dari wilayah Cigading, tepatnya di Pasar Sore, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon atau diperkirakan mencapai 17 killometer menuju lokasi pantai.

Akibat kemacetan tersebut, tidak sedikit para wisatawan tepaksa harus mengurungkan niatnya untuk menghabiskan masa liburan karena terjebak dalam antrean kendaraan yang terlalu lama.

BACA :  Jenazah Penolong yang Hanyut Ditemukan

“Balik lagi aja, sudah enam jam kejebak diantrean belum juga sampai di pantai. Niatnya memang mau liburan bareng keluarga karena besok sudah masuk kerja tapi pas mau ke Anyer malah macet parah,”  ungkap Ruly Chandra wisatawan asal Jakarta kepada Banten Hits, Senin (1/1/2018).

Kapolsek Ciwandan yang juga menjabat sebagai pengendali wilayah jalur Ciwandan, Kompol Didit Himawan mengatakan, sejak dimulainya pergantian tahun hingga saat ini arus kendaraan terus mengalir menuju Anyer. Namun lonjakan jumlah kendaraan mulai terlihat mengalami peningkat sejak pagi hingga sore hari.

“Sejak semalam kepadatan arus kendaraan menuju Anyer sudah mulai mengalir, peningkatan ribuan kendaraan terjadi sejak pukul 09.00 WIB hingga sore hari. Seperti saat ini sehingga membuat antrean kendaraan yang cukup panjang hingga belasan kilometer,” ujarnya.

BACA :  CV Nabil Putra Pertanyakan Dasar Komisi IV DPRD Pandeglang Sebut Rehabilitasi Balai Penyuluh KB Tak Sesuai Spek

Dengan melihat ada peningkatan jumlah kendaraan wisatawan yang diketahui berasal dari dalam maupun luar Provinsi Banten. Didit mengaku, pihaknya telah melakukan buka tutup (one way) jalur yang bertujuan untuk mengurai kemacetan kendaraan baik dari arah Cilegon menuju Anyer maupun sebaliknya.

“Buka tutup jalur kita lakukan dengan cara melakukan penarikan kendaraan, karena wisatawan dari Anyer yang mau pulang jumlahnya hampir sama dengan yang datang. Namun one way kita lakukan waktunya tidak bisa lama hanya satu jam, karena dikawatirkan akan terjadi pertemuan kendaraan,” tuturnya.

Dengan adanya kemacetan ini, Kapolsek menjelaskan, bahwa pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan cara menyiagakan anggota kepolisian untuk melakukan penyisiran kendaraan milik wisatawan yang diparkirkan pada bahu jalan. Selain itu kemacetan juga di akibatkan oleh kantong parkir di lokasi pantai di sepanjang Anyer hingga Carita sudah dipenuhi oleh kendaraan.

BACA :  Kabupaten Serang Kekurangan Tenaga Pengajar

“Titik kemacetan diakibatkan karena kantong-kantong parkir yang berada di lokasi pantai sudah dipenuhi oleh kendaraan sehingga tidak bisa menampung kendaraan lagi. Selain itu kita melakukan penyisiran kendaraan yang berada di bahu jalan kita himbau tidak boleh memakirkan kendaraannya di bahu jalan jika masih bandel kita lakukan penilangan,” tandasnya.(Zie)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler