Gelar Istighosah Akbar, Masyarakat Diminta Jaga Kelestarian Gunung Pulosari

Date:

Masyarakat Mandalawangi gelar Istighosah.(Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Ratusan masyarakat yang berada di bawah kaki Gunung Pulosari, tepatnya di Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang menggelar istighosah akbar dengan tema “Ruatan Gunung Pulosari” di lapangan Tamansari, Rabu (3/1/2018).

Istighosah akbar yang di pimpin oleh KH Abuya Muhtadi ini, dilakukan seiring terjadinya fenomena longsor di kawasan Gunung Pulosari pada 25 Desember 2017 lalu. Dalam acara ruatan tersebut masyarakat berdoa bersama agar terhindar dari bencana Gunung Pulosari.

“Istighosah akbar atau ruatan gunung ini bertujuan untuk meminta ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa, serta minta keselamatan dari bencana alam Gunung Pulosari, karena belakangan ini banyak bencana yang terjadi di gunung,” kata Suma Wijaya Ketua pelaksana.

Dilokasi yang sama Camat Mandalawangi, E Yuswoto menturkan, setidaknya ada empat desa yang ada di Kecamatan Mandalawangi, sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan Hutan Gunung Pulosari. Hampir 50 persen masyarakatnya bergantung pada hasil alam di Hutan Gunung Pulosari.

“Semoga dengan ruatan atau istighosah Gunung Pulosari ini, masyarakat yang ada di sekitaran kaki Gunung Pulosari terhindar dari bencana alam,” katanya.

Yuswoto juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang bermukim di sekitaran gunung untuk terus menjaga kelestarian alam, sehingga fenomena atau bencana dapat terhindar.

“Semoga masyarakat senantiasa menjaga kelestarian alam gunung pulosari, agar terhindar dari bencana alam yang diakibatkan oleh kerusakan hutan,” tandasnya.(Zie)

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...