Connect with us

Agenda KPU

KPU Tandatangani MoU Kerjasama dengan RSUD Kabupaten Tangerang

Published

on

Penandatanganan Mou kerjamasama antara KPU Kota Tangerang dan RSUD Kabupaten Tangerang.(Banten Hits/Maya Aulia)

Tangerang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan RSUD Kabupaten Tangerang, Jum’at (5/1/2018) di Gedung Manajemen RSUD Kabupaten Tangerang.

MoU tersebut terkait pelaksanaan pemeriksaan kesehatan untuk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang pada Pilkada 2018 mendatang. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Ketua Panwaslu Agus Muslim, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi mengatakan, kegiatan kesepakatan bersama dengan RSUD adalah yang pertama dilakukan selama empat tahun periode KPU. Kerjasama tersebut menunjuk RSUD sebagai tempat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dalam Pilkada 2018.

BACA :  Syarat Belum Lengkap, Ketiga Balon Masih Terancam Dicoret

“Sebelumnya Pileg dan Pilpres kita tidak ada kerjasama dalam pemeriksaan kesehatan, begitu juga dengan Pilgub kemarin,” ujarnya.

Sanusi mengungkapkan, alasan mengapa bekerjasama dengan RSUD Kabupaten Tangerang lantaran memenuhi syarat dari segi fasilitas Tipe B. Pemeriksaan tersebut menjadi tolak ukur kesehatan yang benar dalam menjamin calon Wali kota yang lolos dapat bekerja dengan baik memimpin Kota Tangerang.

“Sebenarnya kami punya RSUD namun yang layak, memiliki fasilitas tipe B dan memenuhi syarat adalah RSUD Kabupaten Tangerang,” tuturnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada RSUD, IDI, HIMPSI dan BNN atas kerjasama yang dijalin dalam mensukseskan Pilkada Kota Tangerang.

Sementara itu, Direktur RSUD Kabupaten Tangerang, drg Naniek Isnaini mengatakan, usai kesepakatan bersama pihaknya menyiapkan sarana dan prasarana sesuai yang disyaratkan oleh KPU Kota Tangerang serta tenaga kesehatan bekerja sama dengan IDI, HIMPSI Provinsi Banten dan BNN Kota Tangerang.

BACA :  Surat Suara Sudah Dikirim ke PPK dan PPS

“Terkait tenaga kesehatan yang disiapkan diantaranya Dokter spesialis jantung, bedah, mata serta psikiater sebab pemeriksaan tidak hanya pada jasmani namun psikologisnya,” ucapnya.

Ia pun mengaku tidak ada perubahan dalam hal penilaian kesehatan paslon nanti. Hanya saja, terdapat metode terbaru dalam beberapa pemeriksaan.

“Prinsipnya tidak ada perubahan dalam penilaian kesehatan dengan sebelumnya,namun hanya metode nya saja yang berbeda seperti mata ada metode baru yang akan dilaksanakan,” pungkasnya.(Zie)

Terpopuler