Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Pandeglang Akan Aktifkan Tujuh Server di Command Center

Published

on

Irna Narulita bersama Tanto Warsono Arban melihat langsung command center. (Dok. Banten Hits)

Pandeglang – Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan mengaku akan mengaktifkan tujuh server atau peladen baru di awal tahun 2018.

Peladen baru itu untuk membangun pusat data di Command Center atau Ruang Pintar milik Pandeglang. Setiap peladen, nantinya akan dibekali dengan kapasitas penyimpanan sebesar 2 terabyte. Server tersebut nantinya akan digunakan oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membutuhkan.

“Sejauh ini baru ada tiga OPD yang mengajukan permohonan untuk menggunakan peladen. Nanti akan kami tindak lanjuti, karena harus bertemu dulu dengan provider pengembang aplikasinya,” kata Yahya, Jumat (5/1/2018).

BACA :  Polisi Kumpulkan Barang Bukti Buru Pelaku Pembunuh Wanita Muda di Kosambi

Yahya menuturkan, pengadaan ketujuh peladen itu sudah termasuk satu paket pengadaan seluruh perangkat Ruang Pintar yang mencapai Rp 5 miliar. Oleh karenanya, hampir dipastikan pada tahun ini tidak ada penambahan perangkat baru di ruang pengendali informasi milik Pandeglang. Karena pihaknya akan memaksimalkan terlebih dahulu seluruh perangkat yang ada saat ini.

“Jadi sekarang kami punya sembilan server. Karena sebelumnya, ruang pengendali informasi tersebut sudah mengelola dua server untuk LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dan Call Location yang ditempatkan di Jakarta,” jelasnya.(Zie)



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler