ICW: Mad Romli Harus Jelaskan Kenapa Tak Pernah Serahkan LHKPN

Date:

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan.(Dok.Banten Hits)

Tangerang – Ketua DPRD Kabupaten Tangerang yang juga bakal calon wakil bupati Tangerang Mad Romli ditengarai tak pernah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) selama hampir lima tahun menjabat Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. Nama Mad Romli tidak muncul dalam daftar penyelenggara negara yang telah menyerahkan LHKPN.

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan kepada Banten Hits mengatakan, pada beberapa kasus ICW menemukan salah satu motif penyelenggara negara tidak menyerahkan LHKPN karena ingin menyembunyikan kekayaan yang mencurigakan.

“Makanya Mad Romli harus menjelaskan kenapa tidak pernah menyerahkan LHKPN?” kata Ade, Kamis (25/1/2018).

Menurut Ade, kewajiban pejabat publik melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) merupakan bagian dari akuntabilitas kepada publik.

Tidak hanya jadi alat kontrol untuk Komisi Pemberantasan Korrupsi (KPK) dan publik, LHKPN juga kontrol bagi si pejabat yang bersangkutan agar tidak menyalahgunakan kewenangannya.

Sebelumnya, KPK merilis, dari jumlah total 14.144 legislator di pusat dan di daerah, terdapat hanya 4.379 orang atau 30,96 persen yang telah melaporkan harta kekayaannya. Adapun 9.765 legislator lainnya sama sekali belum pernah menyerahkan laporan harta kekayaan sejak menjabat menjadi wakil rakyat.

Kewajiban penyelenggara negara melaporkan harta kekayaan diatur dalam Pasal 5 huruf (3) Undang-undang Nomor 28 tahun 1999 Tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Pelanggaran terhadap aturan ini dapat dikenai sanksi administratif sesuai aturan Pasal 20 ayat (1).

Mad Romli yang kini menjadi bakal calon wakil bupati Tangerang mendampingi Ahmed Zaki Iskandar, menjadi calon kepala daerah dengan kepemilikan harta kekayaan tertinggi di Provinsi Banten pada Pilkada serentak 2018.

Nama Mad Romli tak muncul dalam dalam daftar pejabat yang telah menyerahkan LHKPN di aplikasi LHKPN KPK. Mad Romli belum memberikan keterangan terkait hal ini. Upaya konfirmasi Banten Hits tak pernah direspons.(Rus)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...