Warga Kali Baru Tuding Limbah PT Dover Chemical Cemari Selokan

Date:

Limbah Perusahaan Cemari Lingkungan
Warga tunjukkan selokan yang diduga tercemar limbah PT Dover Chemical. (Foto: Iyus Lesmana/Banten Hits)

Cilegon – Warga di Lingkungan Kali Baru, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon mengeluhkan bau tidak sedap air selokan dekat permukiman yang diduga tercemar limbah PT Dover Chemical.

“Saya taunya malam hari, baunya udah kaya bau jengkol direbus. Menyengat banget, bikin perut mual dan kepala pusing. Pas saya cek, ternyata air di selokan belakang rumah warnanya hitam banget,” kata Ketua RW 02 Kelurahan Kali Baru, Gumani, Senin (29/1/2018).

Mendapati selokan tercemar limbah, Gumani langsung melaporkan kepada pihak kelurahan agar segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait. Menurutnya, kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa bulan.

“Sudah pasti dari PT Dover karena pipa pembuangan dari dalam pabrik langsung mengalir ke selokan. Biasanya, seminggu dua kali kalau buang limbah. Waktunya, biasanya malam hari jam 12 malam ke atas. Tapi, kalau sekarang kira-kira buangnya jam 6 pagi,” ungkap Gumani.

Terpisah, Kabid Penataan Peningkatan Kapasitas Lingkungan DLH Cilegon, Edi Suhadi mengaku, usai mendapat laporan warga, pihaknya langsung meninjau langsung ke lokasi.

“Kami sudah lihat video dari warga termasuk melihat pipa pembuangan air. Setelah dilihat, ini tidak sama dengan yang ada di video, jika adi video airnya lancar, tapi yang kita lihat di lokasi penuh sampah,” jelasnya.

Untuk memastikan bau tak sedap tersebut merupakan limbah produksi perusahaan, DLH telah mengambil sampel limbah. Dari pemeriksaan DLH, Edi menuturkan, limbah yang mencemari selokan merupakan limbah domestik karyawan.

“Mereka (perusahaan-red) mengatakan itu limbah domestik. Kalau limbah dari proses produksi tidak banyak, ada penampungan bak sendiri dibawa ke plan A, baru diolah truk untuk di buang ke luar,” ungkap Edi.

Hingga berita ini dipublish, Manager Human Resources and General Affair PT Dover Chemical, Dade Suparna, belum mengangkat telepon wartawan Banten Hits Iyus Lesmana yang akan mengkonfirmasi hal tersebut.(Nda)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...